Tepis Rumor Kim Jong Un Meninggal Dunia, Korsel: Masih Hidup dan Sehat

Agustiyanti
27 April 2020, 06:55
Korea Selatan, korea utara, kim jong un, kim jong un meninggal dunia, kondisi kim jong un
ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA
Ilustrasi. Presiden Kim Jong Un dirumorkan meninggal dunia setelah dua minggu tak terlihat di depan publik dan absen pada kegiatan penting negara.

Korea Selatan menyatakan Presiden Korea Utara Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Pernyataan tersebut datang di tengah spekulasi bahwa pimpinan negara komunis tersebut telah meninggal dunia.

"Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Dia telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," ujar Moon Chung-in, penasihat kebijakan luar negeri Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dikutip dari CNN, Senin (27/4).

Advertisement

Berbagai pertanyaan muncul tentang kondisi Kim setelah dia melewatkan perayaan ulang tahun kakeknya pada 15 April. Kim terlihat empat hari sebelumnya pada pertemuan biro politik, menurut media pemerintah Korea Utara, KCNA.

CNN pada awal minggu lalu melaporkan bahwa berdasarkan laporan intelijen AS, Kim sedang dalam kondisi kritis setelah operasi. Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN pada Senin lalu bahwa kekhawatiran tentang kesehatan Kim dapat dipercaya, tetapi tingkat keparahannya sulit untuk dinilai.

Penelusuran intelijen AS seiring dengan laporan Daily NK, sebuah surat kabar online berbasis di Korea Selatan yang fokus pada Korea Utara, yang menyebut bahwa Kim menerima prosedur kardivaskular akibat kebiasaan merokok berlebihan, obesitas, dan tumpukan pekerjan.

(Baca: Dua Minggu Tidak Terlihat, Kim Jong-Un Dirumorkan Meninggal Dunia)

Media tersebut juga menulis bahwa Kim saat ini telah menerima perawatan di sebuah vila di Kabupateng Hyangsan. Setelah menilai bahwa kondisi Kim telah membaik, sebagian besar tim medis yang merawatnya kembali ke Pyongyang pada 19 April sementara beberapa dari mereka tetap mengawasi kesehatan Kim. CNN tidak dapat mengkonfirmasi laporan secara independen.

Namun pada hari Minggu, surat kabar negara Korea Utara Rodong Sinmun mengatakan Kim mengucapkan terima kasih kepada para pekerja yang membantu merenovasi kota Samjiyon di Korea Utara. CNN tidak dapat secara independen mengkonfirmasi keaslian laporan hari Minggu dan apakah nota terima kasih datang langsung dari pemimpin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement