Donasi #BagiAsa: Menolong Kaum Lansia di Tengah Pandemi Covid-19

Agustiyanti
30 April 2020, 12:05
Gerakan #BagiAsa, #BagiAsa, Pandemi Corona, Virus Corona, Bantuan Sembako
bagiasa
Ilustrasi. BagiAsa adalah yang digalang Katadata, Bisnis Indonesia, SWA, dan KBR bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia, Accelerice, serta kantor hukum Hendra Soenardi untuk membantu warga terdampak pandemi corona.

Hidup seorang diri dan berusia lanjut di tengah pandemi corona ini, adalah sebuah perjuangan berat. Di satu sisi harus terus bekerja untuk membiayai hidup sehari-hari. Padahal, usia lanjut rentan terpapar virus ganas tersebut. Karena itu, sumbangan bahan pokok dari para donor sangat membantu dan menerbitkan kebahagian bagi kaum renta.

Kebahagiaan itulah yang tergurat di wajah Wartimah ketika menerima bantuan berupa beras, minyak, dan sayur dari Gerakan BagiAsa. Bantuan bahan pangan pokok tersebut dibutuhkan nenek berusia 88 tahun ini di tengah beban hidup yang semakin berat akibat pandemi virus corona

Advertisement

“Terima kasih Nduk, berkah untuk semuanya, berkah untuk yang memberi. Simbah jadi enggak usah beli lagi,” kata Wartimah saat menerima bantuan yang disalurkan oleh Kedai Sayur dan diberikan langsung relawan Foodbank of Indonesia.

Wartimah tinggal seorang diri di sebuah bedeng dengan luas 3 x 2 meter di daerah Cipulir, Jakarta Selatan. Di dalam bedeng tersebut, hanya tersedia kasur dan peralatan untuk memasak. Wartimah bahkan masih memasak menggunakan kompor minyak. 

Meski memiliki dua anak laki-laki dan sudah berusia lanjut,  dia memutuskan hidup sendiri karena tak ingin merepotkan kedua anaknya. Anak pertamanya tinggal di kampung, sedangkan anak kedua tinggal di sebelah bedeng miliknya. 

(Baca: Padangbara Sukses Makmur Donasi 2.000 Sembako Lewat Gerakan #BagiAsa)

BagiAsa
BagiAsa (Istimewa)

Untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, Wartimah selama ini membersihkan toge yang diantar ke tempat tinggalnya. Ia juga berjualan bawang putih dan bawah merah di pasar Kebayoran Lama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement