Hari Pendidikan Nasional, Nadiem: Banyak Pelajaran dari Covid-19

Image title
2 Mei 2020, 18:12
hari pendidikan nasional, pandemi corona, pandemi virus corona, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Mendikbud Nadiem Makarim bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Rapat tersebut membahas tentang anggaran tahun 2020.

Pandemi virus corona mengubah banyak aspek dalam kehidupan, termasuk di sektor pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berpesan agar masyarakat dapat belajar dari krisis yang disebabkan Covid-19.

"Ini dapat menjadi tantangan bagi negara kita, tapi dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa diterapkan saat kondisi krisis dan setelahnya," kata Nadiem dalam pidato memperingati Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5).

Menurut dia, perubahan perilaku yang terjadi di dunia pendidikan yakni adanya pembelajaran online memaksa guru berinovasi dengan teknologi. Sedangkan bagi orang tua, dapat belajar berperan sebagai tenaga pendidik di sekolah. Keduanya harus berkolaborasi untuk melahirkan generasi-genarasi terbaik.

(Baca: Kasus Positif Corona di RI Capai 10.843, Pasien Sembuh 1.665 Orang)

Tak hanya itu,  pola hidup bersih dan rasa empati terhadap sesama juga mulai tertanam sebagai kebiasaan sehari-sehari. "Kita sebagai masyarakat belajar mengenai betapa pentingnya kesehatan, kebersihan dan norma-norma kemanusiaan dalam masyarakat," kata dia.

Jumlah kasus virus Corona di Tanah Air masih terus menanjak. Tercatat, hingga Sabtu (2/5) terdapat tambahan 292 kasus baru sehingga total kasus mencapai 10.843 orang. Sebanyak 1.665 orang dinyatakan sembuh dan 831 orang meninggal dunia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...