Jubir Positif Corona, Wapres AS Mike Pence Isolasi Diri

Wakil Presiden Mike Pence mengisolasi diri dari Gedung Putih setelah Sekretaris Pers Katie Miller diketahui positif virus corona.
Image title
11 Mei 2020, 07:52
Mike Pence, Juru bicara, sekretaris pers, ilsolasi diri, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Brenna Norm
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence melakukan tes corona setiap hari dan dinyatakan negatif.

Wakil Presiden Mike PenceMi mengisolasi diri dari Gedung Putih setelah Juru Bicaranya, Katie Miller diketahui positif virus corona.

Pence tidak menghadiri pertemuan dengan Presiden Donald Trump dan para pejabat tinggi militer pada Sabtu. Namun, Juru bicara Pence, Devin O'Malley mengatakan ia akan kembali hadir ke Gedung Putih pada Senin.

"Wakil Presiden Pence akan terus mengikuti saran dari Unit Medis Gedung Putih dan tidak dalam karantina," kata O'Malley dalam sebuah pernyataan.

Pence disebut menjalani tes pemeriksaan corona setiap hari dan telah dinyatakan negatif.  Ia pun berencana hadir di Gedung Putih pada Senin (11/5) waktu setempat.

Advertisement

Infeksi yang dialami Katie Miller yang juga merupakan istri penasihat Presiden Stevel Miller membawa virus ke lingkaran dalam Trump.

Dua anggota Kepala Staf Gabungan yang seharusnya hadir dalam pertemuan dengan Trump juga tak hadir lantaran memiliki kasus berbeda terkait virus corona/ Kepala Operasi Angkatan Laut Michael Gilday melakukan kontak dengan anggota keluarga yang terinfeksi.

(Baca: WHO Perkirakan Vaksin Corona Tersedia Paling Cepat Akhir 2021)

Sementara Kepala Biro Penjaga Nasional, Jenderal Angkatan Udara Joseph Lengyel dinyatakan positif pada hari Sabtu dan kemudian dinyatakan negatif. Dia akan diuji lagi pada hari Senin.

Efek berantai dari diagnosis Miller menjadi lebih luas pada hari Minggu, ketika Gubernur Iowa Kim Reynolds mempertimbangkan untuk mengasingkan diri karena dia melakukan kontak dengannya selama kunjungan Gedung Putih pada Rabi.

Direktur kesehatan negara bagian Iowa, Caitlin Pedati yang menemani Reynolds juga sudah berencana untuk mengasingkan diri.

Di tengah perkembangan wabah ini dalam lingkaran Gedung Putih, Trump justru tengah mendesak agar seluruh negara bagian AS membuka kembali bisnis dan melanjutkan kehidupan sosial yang lebih normal.

AS memiliki lebih dari 1,3 juta kasus Covid-19. Setidaknya 79.500 orang telah meninggal hanya dalam waktu sekitar dua bulan. Bulan lalu, Trump mengatakan dia memperkirakan total kematian akan tetap di bawah 60 ribu, terlepas dari proyeksi Gedung Putih bahwa lebih dari 100.000 orang akan mati.

Pence dan banyak stafnya pergi ke Iowa meski telah mengetahui diagnosis Miller pada Jumat. Kontak berulang dengan Pence dan stafnya telah menimbulkan keprihatinan serius bagi pejabat tinggi negara.

(Baca: Inggris Bertahap Longgarkan Lockdown, Boleh Bekerja di Luar Rumah)

Sumber yang enggan diindentifikasi mengatakan, Wakil presiden tinggal di rumahnya di Observatorium Angkatan Laut AS di Washington. Pence mempraktikkan jarak sosial selama kunjungan di Iowa, tetapi tidak ada pejabat yang mengenakan masker dalam pertemuan dengan para pemimpin agama dan eksekutif pasokan makanan.

Miller yang juga juru bicara utama untuk gugus tugas virs corona Gedung Putih terakhir bertemu Pence pada Kamis. Pada Sabtu, setelah diagnosisnya, tiga pejabat kesehatan teratas di gugus tugas mengumumkan bahwa mereka akan mengadopsi tindakan isolasi karena mereka telah melakukan kontak dengan seseorang yang diketahui terinfeksi, meskipun tidak menyebutkan namanya.

Kepala Administrasi Makanan dan Obat-obatan dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan mereka akan melakukan karantina sendiri. Sementara Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan dia akan mempraktekkan apa yang dia sebut karantina "dimodifikasi" .

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait