Luhut Sebut 500 TKA Tiongkok akan Didatangkan ke Konawe pada Juli

Image title
11 Mei 2020, 10:09
tenaga kerja asing, konawe, TKA, tka tiongkok, luhut pandjaitan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut para TKA dibutuhkan untuk menggarap proyek baterai lithium di Konawe, Sulawesi Tenggara.

Sebanyak 500 tenaga kerja asing asal Tiongkok akan mulai bekerja di Konawe, Sulawesi Tenggara pada Juli mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut mereka didatangkan untuk menggarap proyek baterai lithium.

"Indusri ini diperlukan orang yang paham membangunnya tidak serta merta. Kita harus jujur itu tapi sekarang ini tenaga kerja kita belum siap mengerjakan itu, mereka bekerja mulai bulan Juni atau Juli," kata Luhut dalam diskusi daring di Jakarta, Minggu (10/5).

Menurut dia, kedatangan TKA asal Tiongkok beberapa waktu yang lalu merupakan bagian dari proses pengurusan izin yang dibutuhkan. Pasalnya, dalam pengajuan izin bagi orang asing diperlukan waktu yang relatif lebih lama.

(Baca: Faisal Basri: Penanganan Corona Amatiran, Pemulihan Ekonomi Sia-sia)

Nantinya, jika proyek tersebut mulai berjalan seluruh TKA akan dikembalikan ke negaranya masing-masing. Setelah itu, pengelolaan industri tersebut sepenuhnya akan dilakukan menggunakan sumber daya manusia asli Indonesia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...