WHO Peringatkan Virus Corona Mungkin Tidak akan Pernah Hilang

Agustiyanti
14 Mei 2020, 10:52
WHO, virus corona, covid-19, pandemi corona
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.
Ilustrasi. Virus corona telah menginfeksi hampir 4,3 juta orang dan menyebabkan lebih dari 291.000 kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia  atau WHO menyebut virus corona yang menyebabkan Covid-19 dapat menjadi endemik seperti HIV, memberikan peringatan pada setiap upaya yang tengah dilakukan untuk mengatasi pandemi ini.

"Penting untuk mengingat bahwa virus ini mungkin kan menjadi virus endemik dan tidak akan pernah hilang," ujar WHO emergencies expert Mike Ryan dikutip dari Reuters, Kamis (14/5)

Ia menilai penting untuk realistis menyikapi pandemi virus coroana. Menurut dia, tak ada yang dapat memprediksi dengan tepat kapan penyakit ini akan benar-benar hilang.

"Saya pikir tidak ada yang dapat memastikan. Penyakit ini dapat menjadi masalah yang sangat lama atau juga tidak," kata dia.

Kendati demikian, ia menegaskan dunia memiliki kendali atas bagaimana penyakit itu dapat mengatasi penyakit itu. Namun, ini akan membutuhkan "upaya besar" bahkan jika vaksin ditemukan.

(Baca: The Fed Ramal Resesi Ekonomi akibat Pandemi Corona di AS Bakal Panjang)

Lebih dari 100 vaksin potensial sedang dikembangkan, termasuk beberapa dalam uji klinis, tetapi para ahli telah menggarisbawahi kesulitan menemukan vaksin yang efektif terhadap virus ini

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...