Bulog Targetkan 28.200 Ton Gula Impor Masuk Awal Juni

Image title
18 Mei 2020, 20:18
gula impor, impor gula, pandemi corona, virus corona, bulog
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/foc.
Perum Bulog menargetkan sebanyak 28.200 gula impor asal India masuk pada pekan pertama bulan Juni mendatang.

Perum Bulog menargetkan sebanyak 28.200 gula impor asal India masuk pada pekan pertama bulan Juni mendatang. Impor gula tersebut sempat terhambat oleh karantina wilayah atau lockdown yang dilakukan negara tersebut untuk memutus rantai penularan virus corona.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan pihaknya mendapat penugasan impor sebesar 50 ribu ton. Namun, lockdown yang tengah dilakukan India hingga akhhir bulan ini membuat impor komoditas tersebut terhambat.

"Minggu pertama Juni 2020 mudah-mudahan bisa masuk. India kan masih lockdown, Insyaallah minggu pertama bulan Juni akan masuk 28.200 ton," kata Saleh dalam diskusi virtual di Jakarta, Senin (18/5).

Dari jumlah kuota impor yang didapatkan sebanyak 50 ribu tersebut, baru 21.800 ton yang telah masuk dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 5 Mei lalu. Sedangkan sisanya sebesar 28.200 ton, akan datang melalui pelabuhan di kawasan Surabaya pada awal Juni nanti.

(Baca: Langkah Bulog & Kementan Atasi Ancaman Defisit Pangan Saat Pandemi)

Gula impor tersebut telah disalurkan Bulog ke seluruh wilayah di Indonesia. Saleh pun berharap jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan nasional hingga Lebaran nanti.

"Sudah kami sebarkan ke semua wilayah. Kalau melihat kebutuhan, Insya Allah Lebaran selesai cukup 21.800 ton. Sekarang kami sedang melakukan operasi pasar, ini antusiasme masyarakat sangat besar. Di Papua itu harganya Rp 19 ribu per kg hingga Rp 20 ribu per kilogram, kami jual Rp 12.500 per kg, pasti laris kan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...