Tekan Penyebaran Corona, Jokowi Kerahkan TNI-Polri Disiplinkan Warga

Dimas Jarot Bayu
26 Mei 2020, 10:06
Jokowi, TNI Polri, pencegahan corona, virus corona, pandemi corona, covid-19
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Ilustrasi. Presiden Joko Widodo menyebut upaya pendisiplinan masyarakat dengan melibatkan aparat ini akan dilaksanakan di 1.800 titik di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota.

TNI dan Polri akan dikerahkan untuk mendisiplinkan warga agar mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona di berbagai sarana publik mulai hari ini. Presiden Joko Widodo  menyebut pendisiplinan masyarakat dengan melibatkan aparat ini akan dilaksanakan di 1.800 titik di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Dengan upaya ini, kurva penyebaran virus corona diharapkan dapat semakin menurun. "Kita melihat R0 dari beberapa provinsi sudah di bawah 1 dan kita harapkan semakin hari semakin turun dengan digelarnya pasukan dari TNI dan Polri di lapangan secara masif," kata Jokowi saat meninjau Stasiun MRT di Bundaran HI, Selasa (26/5).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, upaya pendisiplinan ini akan dilakukan di tempat-tempat lalu lintas masyarakat. Hal tersebut pun akan dilakukan di mal, pasar rakyat, dan tempat pariwisata.

(Baca: WHO: Gelombang Pertama Corona Belum Usai, Puncak Kedua Mungkin Terjadi)

Untuk tahap pertama, upaya pendisiplinan ini akan dilakukan secara serentak di empat daerah. "Di DKI Jakarta, khususnya Bundaran HI, kemudian di wilayah Bekasi, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo," kata Hadi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...