Gandeng Korsel, Kalbe Farma Uji Klinik Vaksin Corona Bulan Depan

Image title
30 Mei 2020, 08:26
uji klinik vaksin, vaksin covid-19, pandemi corona,
123RF.com/Lightfieldstudios
Ilustrasi. Kalbe Farma dan Genexine sepakat untuk melakukan uji klinik GX-19 di Indonesia, yakni pengembangan vaksin DNA terhadap virus corona oleh konsorsium.

PT Kalbe Farma Tbk melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Genexine, Inc., perusahaan obat biologi dari Korea Selatan untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Uji klinik vaksin virus yang tengah mewabah ini, rencananya akan dilakukan pada Juni 2020.  

Dari kerja sama ini, kedua perusahaan membuat usaha patungan alias joint venture bernama PT Kalbe Genexine Biologic. Usaha patungan itu bergerak dalam pengembangan dan pembuatan bahan baku obat-obatan bioteknologi di Indonesia.

 (Baca: Pemerintah Ungkap Tantangan Membuat Vaksin Virus Corona)

KLBV dan Genexine pun sepakat untuk melakukan uji klinik GX-19 di Indonesia, yakni pengembangan vaksin DNA terhadap virus corona oleh konsorsium. Beberapa pihak lain yang tergabung, di antaranya Binex, The International Vaccine Institute(IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), dan Pohang University of Science & Technology (POSTECH).   

"Kerja sama pengembangan vaksin Covid-19 ini merupakan kontribusi Kalbe untuk membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia," kata Direktur Utama Kalbe Farma Sie Djohan dalam siaran pers yang dikutip di pada Sabtu (30/5).

Kalbe berharap, upaya penelitian dan pengembangan vaksin virus corona ini bisa dilakukan dan mendapatkan hasil secara cepat. Dengan demikian kebutuhan vaksin di Indonesia dapat terjamin ketersediaannya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...