Menteri PUPR: Empat Ruas Tol di Luar Jawa Diresmikan Bulan Depan

Dimas Jarot Bayu
29 Mei 2020, 18:36
ARUS JALAN TOL BAKAUHENI-TERBANGGI BESAR LENGANG
ANTARA FOTO/Ardiansyah/hp.
Ilustrasi. Kementerian PUPR saat ini telah melakukan market sounding untuk 10 proyek tol baru.

Pemerintah bakal meresmikan empat ruas tol pada Juni 2020. Keempat ruas tol tersebut, yakni Banda Aceh-Sigli seksi IV sepanjang 14 kilometer, Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, Balikpapan-Samarinda seksi I dan V sepanjang 33 kilometer, dan ruas tol Manado-Bitung sepanjang 21 kilometer.

"Sekarang sedang uji laik fungsi untuk bisa diresmikan pengoperasiannya," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Basuki Hadimuljono usai rapat terbatas melalui konferensi video, Jumat (29/5).

Selain itu, Basuki menyebut ada tiga tol yang akan diresmikan pada akhir 2020. Ketiga tol tersebut adalah Pettarani-Makassar, Cibitung-Cilincing, dan Krian-Legundi-Bunder-Manyar.

(Baca: Menteri PUPR Tepis Kabar Program Cetak Sawah di Atas Lahan Gambut)

Lebih lanjut, Kementerian PUPR juga telah melakukan market sounding untuk 10 proyek tol baru. Basuki merincikan, 10 tol itu adalah Solo-Yogyakarta, Cileunyi-Garut-Tasikmalaya, askes Patimban, Bogor-Serpong, Sentul Selatan-Karawang Barat, Pelabuhan Semarang, Semanan-Balaraja, Cikunir-Karawaci, Cikunir-Ulujami, dan Multi Lane Free Flow atau pembayaran tol tanpa buka pintu.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...