Pandemi Corona Belum Berakhir, Wabah Ebola Kembali Merebak di Kongo

Agustiyanti
2 Juni 2020, 09:11
kongo, wabah ebola, pandemo corona, wabah campak, afrika
ANTARA FOTO/REUTERS/Siphiwe Sibeko/AWW/dj
Ilustrasi. Wabah ebola kembali merebak di Kongo.

Republik Kongo melaporkan wabah ebola kembali merebak di negara tersebut. Negara Afrika ini kini juga tengah berjuang melawan pandemi virus corona dan wabah campak.

Mengutip situs resmi WHO, informasi awal dari Kementerian Kesehatan Kongo mendeteksi enam kasus Ebola di Wangata, Mbandaka. Empat orang telah meninggal dunia dan dua orang masih dalam perawatan. Adapun kemungkinan jumlah kasus meningkat setelah identifikasi dan pengawasan ditingkatkan.

Advertisement

"Ini adalah pengingat bahwa Covid-19 bukan satu-satunya ancaman kesehatan yang dihadapi," ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Meskipun banyak perhatian saat ini tertuju pada pandemi corona, ia menegaskan, WHO terus memantau dan merespons banyak keadaan darurat kesehatan lainnya.

Ini merupakan wabah ebola yang ke-11 yang terjadi di Kongo, sejak virus itu pertama kali ditemukan di negara Afrika tersebut pada 1976. Kota Mbandaka dan daerah sekitarnya adalah tempat wabah Ebola ke-9 dari Republik Demokratik Kongo, yang terjadi sejak Mei hingga Juli 2018.

(Baca: Trump Akhiri Hubungan AS dengan WHO di Tengah Pandemi Corona)

“Ini terjadi pada saat yang penuh tantangan, tetapi WHO telah bekerja selama dua tahun terakhir dengan otoritas kesehatan, CDC Afrika dan mitra lainnya untuk memperkuat kapasitas nasional untuk menanggapi wabah,” Direktur Regional WHO untuk Afrika Matshidiso Moeti.

WHO pun berencana mengirim tim untuk mendukung peningkatan respons. "Mengingat kedekatan wabah baru ini dengan rute transportasi yang sibuk dan negara-negara tetangga yang rentan, kita harus bertindak cepat," kata Moeti.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement