Kenaikan Kasus Corona di Brasil Tertinggi, 31 Ribu Orang Tewas

Brasil mencatatkan tambahan 28.936 kasus baru Covid-19 dan 1.262 kematian dalam 24 jam terakhir.
Agustiyanti
3 Juni 2020, 08:04
brasil, pandemi corona, episentrum baru virus corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Rahel Patrasso/hp/dj
Ilustrasi. Brasil kini memiliki jumlah kasus corona tertinggi kedua setelah Amerika Serikat.

Brasil mencatatkan 1.262 kematian dalam 24 jam terakhir akibat virus corona. Total korban tewas akibat Covid-19 di Negara Amerika Latin itu kini mencapai 31.199 orang.

Dikutip dari CNN, Kementerian Kesehatan Brasil mencatatkan tambahan kasus sebanyak 28.936 pada periode yang sama. Dengan demikian, total kasus positif corona di negara tersebut kini mencapai 555.383.

Kenaikan jumlah kasus di Brasil melampaui AS yang mencapai 15.864 kasus baru berdaasarkan perhitungan John Hopkins University. Brasil kini menjadi negara kedua dengan jumlah kasus tertinggi setelah Amerika Serikat.

Negara bagian São Paulo, yang merupakan wilayah terpadat di Brazil dan pusat wabah di negara itu elaporkan 327 kematian terkait virus selama 24 jam terakhir, sehingga jumlah kematiannya menjadi 7.994.

Advertisement

(Baca: Tiga Bulan Pandemi, Kemenkeu Taksir Kerugian Ekonomi RI Rp 316 Triliun)

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menentang kebijakan isolasi kota yang diberlakukan oleh gubernur di beberapa negara bagian. Bolsonaro juga selalu menentang nasihat pakar kesehatan yang menganjurkan pembatasan wilayah. Akibat sikapnya yang antipembatasan ketat, Bolsonaro ditinggalkan dua menteri kesehatannya.

Organisasi Kesehatan Dunia sebelumnya telah memperingatkan wilayah Amerika Tengah dan Selatan terkait peningkatan pesat dalam jumlah kasus virus corona baru

“Amerika Tengah dan Selatantelah menjadi zona penularan yang intens untuk virus ini,” Dr. Mike Ryan, Direktur Eksekutif WHO untuk Program Keadaan Darurat Kesehatan.

Ia juga menilai, kondisi saat ini belum mencapai puncak. "Pada titik ini saya tidak dapat memprediksi kapan akan mencapainya," kata dia.

(Baca: Kondisi Brasil Memburuk Akibat Covid-19, Hampir 500 Ribu Kasus Positif)

Selain Brasil, negara Amerika Latin lain yang sedang kewalahan menghadapi pandemi adalah Chile, Meksiko dan Peru.

Total kasus positif virus corona di seluruh dunia kini telah mencapai 6,3 juta. Sebanyak 379 ribu orang telah tewas. Namun, lebih dari 3 juta orang telah sembuh.

AS masih menjadi negara dengan jumlah kasus Corona tertinggi mencapai 1,8 juta dengan lebih dari 100 ribu orang tewas.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait