PSBB Transisi, KRL Mulai Hari Ini Beroperasi hingga Pukul 8 Malam

PT KCI menambah jam operasional KRL menjadi pukul 04.00 WIB hingga 20.00 WIB selama masa PSBB transisi.
Image title
5 Juni 2020, 10:02
jam operasional KRL, PSBB transisi, jadwal KRL, jadwal KRL PSBB transisi, tambahan KRL, KRL tutup jam 8 malam
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Ilustrasi. Dalam operasional di masa PSBB transisi, PT KCI akan mengoperasikan 892 perjalanan KRL.

PT Kereta Commuter Indonesia menambah jam operasional KRL menjadi pukul 04.00 hingga 20.00 WIB mulai hari ini (5/6). Hal ini sejalan dengan masa pembatasan sosial berskala besar atau PSBB transisi yang berlaku di wilayah Jakarta dan sejumlah wilayah lainnya.

VP Corporate Communications KCI Anne Purba menjelaskan, keberangkatan kereta-kereta pertama di wilayah penyangga DKI Jakarta akan dimulai pukul 04.00 WIB. Sementara keberangakatan kereta-kereta dari stasiun di wilayah Jakarta akan berakhir pukul 20.00 WIB.

"Dalam operasional di masa PSBB transisi ini, PT KCI akan mengoperasikan 892 perjalanan KRL. Jumlah ini bertambah dari masa PSBB sebelumnya sebanyak 784 perjalanan, ujar Anne dalam keterangan resmi, dikutop Jumat (5/6).

Adapun jumlah rangkaian yang beroperasi tetap sebanyak 88 rangkaian per hari. Sementara pintu stasiun-stasiun kereta di wilayah Jakarta yang semula ditutup pukul 18.00 WIB akan ditutup pukul 20.00 WIB mulai hari ini.

Advertisement

"Dengan jam operasional yang ditambah, KCI mengajak para pengguna semakin disiplin mengikuti pengaturan physical distancing yang ada," jelas dia.

(Baca: Istana Presiden Mulai Terapkan Tatanan Normal Baru)

Saat berada di stasiun, menurut dia, para pengguna tidak perlu khawatir hingga memaksakan diri naik ke dalam KRL yang telah penuh karena jam operasional yang diperpanjang dan frekuensi kereta yang terjaga. Bahkan dalam kondisi ada kepadatan pengguna melebihi biasanya, pihaknya siap menjalankan jadwal kereta tambahan agar tetap memungkinkan untuk menjaga jarak aman diantara pengguna.

"Pada awal masa PSBB transisi ini jumlah pengguna di dalam KRL juga masih mengacu pada aturan sebelumnya yaitu 35% dari kapasitas pengguna. KCI selanjutnya akan mengikuti aturan terbaru dari pemerintah terkait kapasitas pengguna ini," jelas dia.

Jadwal perjalanan KRL masa PSBB transisi tidak akan jauh berbeda dengan yang berlaku selama ini, hanya jam operasional pada sore hari lebih panjang. Adapun jadwal KRL masa PSBB transisi selengkapnya dapat dilihat pada akun media sosial resmi PT KCI di @commuterline dan website www.krl.co.id .

(Baca: Gojek Akan Buka 100% Layanan Ojek Online di Masa Transisi PSBB)

Adapun mulai 8 Juni 2020, KCI juga akan memberlakukan aturan tambahan yaitu pengguna dilarang berbicara secara langsung maupun melalui telepon selama berada di dalam KRL dan melarang Balita naik KRL untuk sementara.

Lalu, calon pengguna yang membawa barang untuk berdagang di tujuannya dapat menggunakan kereta-kereta jadwal pemberangkatan pertama dan mulai pukul 10:00–14:00 WIB. Pengguna lansia juga hanya dapat menggunakan KRL pada pukul 10:00–14:00 WIB.

Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 2020 yang dilakukan BPS menunjukkan, hanya 39,9% masyarakat  yang dapat bekerja di rumah atau WFH sejak pertama kali diterapkan, termasuk saat pemberlakuan PSBB.  Secara lengkap, hasil survei dapat dilihat dalam databoks di bawah ini. 

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait