Ketentuan APD Boleh Ekspor Lagi Diputuskan Pekan Depan

Rizky Alika
11 Juni 2020, 18:03
kementerian perdagangan, pandemi corona, virus corona, ekspor apd
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Kementerian Perdagangan menyebut permintaan ekspor APD saat ini tengah meningkat, terutama dari wilayah Afrika yang tengah mengalami lonjakan kasus corona.

Kementerian Perdagangan  akan mengeluarkan aturan untuk membuka kembali keran ekspor alat pelindung diri yang sempat ditutup di tengah pandemi corona. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, aturan ekspor tersebut akan ditentukan pada pekan depan.

"Ini sedang dievaluasi. Jumat minggu depan mungkin sudah ada keputusan. Kami sedang analisis cepat karena ekspor diperlukan secepat mungkin, akan dimudahkan," kata dia melalui konferensi video, Kamis (11/6).

Permintaan ekspor APD saat ini tengah meningkat, seperti di Afrika dan negara lainnya yang terjangkit pandemi covid-19. Selain itu, Indonesia juga telah memiliki perjanjian ekspor APD dengan Korea dan Jepang.

Ia pun mengatakan, sejumlah industri telah meminta adanya kemudahan ekspor APD. Hal ini seiring dengan terpenuhinya kebutuhan APD dalam negeri sehingga ada produksi yang berlebih.

(Baca: Mendag Kaji Setop Impor Produk yang Ganggu Industri Lokal)

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menjelaskan, terjadi peningkatan signifikan pada produksi berbagai produk alat pelindung diri, seperti coverall atau protective suite, surgical gown dan surgical mask. Berdasarkan data yang dihimpun Kemenperin dan Kementerian Kesehatan, diperkirakan terjadi surplus produksi sebesar 1,96 miliar unit untuk masker bedah, 377,7 juta unit masker kain, 13,2 juta unit pakaian bedah , dan 356,6 juta unit pakaian pelindung medis hingga Desember 2020

"Gerak cepat yang dilakukan oleh industri tekstil dalam negeri, baik yang skala besar maupun rumahan, membuat banjir produksi APD seperti masker medis, sehingga perlu dicarikan solusi untuk pemasaran,” kata Agus Gumiwang dalam keterangannya, Selasa (9/6).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...