Dorong Ekspor Makanan, Pemerintah Diminta Fokus Garap Pasar Afrika

Image title
12 Juni 2020, 15:52
Gapmmi, ekspor, afrika, ekspor afrika, pandemi corona
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/aww.
Ilustrasi. Gapmmi menilai potensi pasar ekspor di Afrika cukup besar dan belum dimaksimalkan oleh Indonesia.

Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman merekomendasikan pemerintah agar fokus menggarap pangsa pasar di Afrika untuk meningkatkan ekspor makanan olahan. Potensi pasar di sana cukup besar dan belum dimaksimalkan oleh Indonesia. 

Sekretaris Jenderal Gapmmi Stefanus Indrayana mengatakan, Afrika dapat menjadi  alternatif  pasar baru lantaran ekspor ke Tiongkok dan India tengah terhambat akibat pandemi virus corona. Kendati demikian, pihaknya belum mengetahui berapa potensi nilai ekspor ke benua tersebut. 

Advertisement

"Kalau yang potensi besar selain Timur Tengah di Afrika juga besar, selain Tiongkok dan India yang sekarang bariernya juga ada. Sebetulnya dari Gapmmi sangat mendukung kalau mau ekspansi atau menambah ekspor," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (12/6).

(Baca: RI Bersiap Ajukan Sengketa Sawit ke Badan Penyelesaian Sengketa WTO)

Adapun Gapmmi, menurut dia, telah mempersiapkan beberapa strategi untuk meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman olahan. Beberapa di antaranya. yakni melakukan peningkatan jumlah produk-produk ekspor unggulan seperti biskuit dan makanan ringan, serta mencari ekspansi ke negara-negara baru dengan produk unggulan masing-masing perusahaan.

"Jadi  secara keseluruhan kinerja bisnis mungkin masih sedikit turun di kuartal kedua ini, boleh dibilang kami sedang di tahap konsolidasi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement