Perhimpunan Dokter Paru: Pilihan Obat untuk Pasien Corona Makin Banyak

Dimas Jarot Bayu
12 Juni 2020, 22:05
pandemi corona, virus corona, obat covid-19, obat corona, covid-19
KATADATA
Ilustrasi. Meski pilihan pengobatan beragam, belum ada obat yang teruji secara klinis dapat menyembuhkan corona.

Perkembangan inovasi di bidang medis membuat pilihan pengobatan pasien virus corona kini cukup banyak. Meski demikian, ragam pengobatan tersebut belum teruji secara klinis dapat menyembuhkan Covid-19.

"Sekarang banyak pilihan obat lain, terutama untuk yang berat," kata Ketua Pokja Bidang Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Erlina Burhan dalam diskusi virtual, Jumat (12/6).

Ia menjelaskan, pilihan obat yang dapat diberikan kepada pasien positif corona di Indonesia, antara lain azitromisin, klorokuin, hidroklorokuin, oseltamivir, favipiravir, remdesivir. Ada pula kombinasi obat lopinavir dan ritonavir.

Obat lain yang dapat dipilih untuk menangani pasien positif corona, yakni inhibitor IL-6, inhibitor IL-1, antibodi monoclonal rekombinan. Lalu, interferon, human immunoglobulin, janus kinase inhibitor, dan immunomodulator lainnya.

"Ada juga stem cell atau sel punca, plasma convalescent, dan banyak lagi," kata Erlina.

(Baca: Obat Herbal Kekebalan Covid-19 Produksi Kalbe Farma Jalani Uji Klinik)

Meski demikian, Erlina menyebut obat-obatan tersebut belum teruji secara klinis bisa menyembuhkan corona. Penggunaan obat-obatan tersebut dilakukan hanya berdasarkan pengalaman dari negara-negara lain yang telah memakainya terlebih dahulu dalam menangani pasien Covid-19.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...