Jubir Presiden: Kesadaran Masyarakat jadi Tantangan Normal Baru

Dimas Jarot Bayu
12 Juni 2020, 19:47
kasus corona, covid-19, pandemi corona, pengetahuan masyarakat, new normal
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, pengetahuan masyarakat soal virus corona masih belum merata.

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap Covid-19 dinilai masih menjadi tantangan pemerintah dalam menerapkan tatanan normal baru  atau new normal. Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, pengetahuan masyarakat soal virus corona masih belum merata, lantaran terdiri dari beragam segmen dari sisi demografi, usia, hingga tingkat pendidikan. 

"Ternyata ketika dikasih informasi, mereka membuat persepsi berdasarkan segmen-segmen di mana  mereka berada," kata Fadjroel dalam diskusi virtual, Jumat (12/6).

Advertisement

Fadjroel mengatakan, kondisi ini diperparah dengan pembelahan politik di tengah masyarakat. Ini membuat  informasi yang disampaikan pemerintah dibingkai berdasarkan masih-masing kepentingan politik mereka.

Selain itu, menurut Fadjroel, masih ada pihak yang melakukan distorsi informasi terhadap apa yang disampaikan pemerintah. Berdasarkan data Dirjen Aptika Kemenkominfo, ada 845 isu hoaks yang beredar di masyarakat sejak 6 Mei-12 Juni 2020 yang terkait corona.

(Baca: Jubir Presiden Sebut PSBB Tak Bisa Terlalu Lama Demi Selamatkan UMKM)

Salah satu isu hoaks adalah terkait informasi lima saudara kandung yang menunggu diadopsi karena orangtuanya meninggal akibat terjangkit corona. Selain itu, ada hoaks bahwa pemerintah akan melakukan karantina wilayah terhadap wilayah di sekitar Pasar Rumput, Jakarta.

"Jadi upaya terus-menerus melakukan distorsi informasi juga terjadi," kata Fadjroel.

Fadjroel pun menyebut tingkat kedispilinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan masih belum ideal. Di samping itu, aparat masih kesulitan melakukan penegakan hukum terhadap penerapan protokol kesehatan lantaran kemajemukan masyarakat masih tinggi. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement