Harga Emas Dunia Melonjak, Logam Mulia Antam Naik Rp 2.000/Gram

Agustiyanti
22 Juni 2020, 09:17
harga emas, harga emas hari ini, harga emas antam, kasus virus corona
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi. Harga emas dunia menanjak ke level tertinggi dalam sebulan terakhir pada pagi ini, Senin (22/6).

Harga emas Antam hari ini naik Rp 2.000 menjadi Rp 907 ribu per gram. Kekawatiran pemulihan ekonomi yang lambat akibat kembali meningkatnya kasus virus corona mengangkat harga emas dunia ke level tertinggi dalam sebulan terakhir.

Mengutip Reuters, harga emas di pasar spot pagi ini naik 0,31% ke posisi US$ 1.748,3 per ons, setelah sebelumnya sempat mencapai level tertinggi sejak 20 Mei di US$ 1.751 per ons.

Advertisement

Kenaikan harga emas antara lain dipicu oleh laporan Organisasi kesehatan dunia pada Minggu (21/6) terkait peningkatan kasus baru virus coorna secara global yang mencapai 183.020. Pelaku pasar juga mengawasi perkembangan di Hong Kong, setelah perincian undang-undang keamanan baru untuk wilayah tersebut
menunjukkan Beijing akan memiliki kekuatan yang lebih besar.

Emas dianggap investor sebagai investasi yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.

(Baca: Kasus Corona di Dunia Tembus 9 Juta, Brasil dalam Situasi Terburuk)

Harga saham berjangka AS pagi ini juga bergerak melemah seiring peningkatan kasus corona baru di negara ekonomi terbesar dunia itu.

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS akhir pekan lalu mengatakan, spekulan meningkatkan posisi bullish mereka di COMEX kontrak emas dan perak dalam seminggu terakhir.

Di sisi fisik, permintaan emas merosot di seluruh negara-negara mata uang dunia, terutama hub Asia karena harga naik kembali pekan lalu, meskipun ada harapan bahwa pasar mungkin mulai pulih.

Palladium turun 0,4% menjadi US$ 1,902,01 per ons, sementara perak naik 1% menjadi US$ 17,78 dan platinum naik 0,7% hingga US$ 811,10.

(Baca: Setoran Dividen Pertamina ke Pemerintah Tahun Ini Naik Jadi Rp 8,5 T)

Sementara di dalam negeri, harga emas Antam untuk seluruh produk, berdasarkan bobotnya turut naik. Harga penjualan kembali juga naik Rp 3.000 menjadi Rp 797 ribu per gram. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement