Moeldoko Lantik Lima Deputi Kantor Staf Presiden, Ini Profilnya

Dimas Jarot Bayu
22 Juni 2020, 10:24
jokowi, kepala staf presiden, deputi ksp
Kantor Staf Presiden
Kepala Staf Presiden Moeldoko melantik lima deputi KSP di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (22/6).

Kepala Staf Presiden Moeldoko telah melantik lima deputi KSP di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (22/6). Pelantikan kelima deputi KSP tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 45/M Tahun 2020 tentang Pengangkatan Deputi di Lingkungan KSP.

Adapun, kelima orang yang dilantik, antara lain Febry Calvin Tetelepta sebagai Deputi I KKSP, Abetnego Panca Putra Tarigan sebagai Deputi II KSP, Panustan S Sulendrakusuma sebagai Deputi III. Kemudian, Juri Ardiantoro sebagai Deputi IV KSP dan Jaleswari Pramodhawardani sebagai Deputi V KSP.

Pelantikan kelimanya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Usai pelantikan, Moeldoko berpesan bahwa jabatan di KSP memiliki tanggung jawab yang besar dalam membantu kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Terlebih, dalam masa pandemi virus corona Covid-19 seperti saat ini. "Tentu dibutuhkan kerja keras, cepat dan tepat untuk menanggulangi persoalan yang ada," kata Moeldoko dalam rilis yang diterima Katadata.co.id, Senin (22/6).

(Baca: Temui Jokowi, Purnawirawan TNI Minta Pancasila Tak Diganggu di RUU HIP)

Moeldoko mengatakan, ada empat sektor yang harus menjadi perhatian pada deputi KSP agar penanganan corona dapat optimal. Salah satunya, kesehatan yang terkait ketersediaan obat, perluasan tes, dan pelacakan kasus.

Ada pula sektor sosial yang berhubungan dengan bantuan sosial, pengendalian angka kemiskinan, dan daya beli masyarakat. "Kita harus bisa menjaga ketahanan pangan, stabilitas ekonomi, UMKM dan investasi. Sehingga ekonomi tetap bergerak dan tumbuh ditengah pandemi ini," kata Moeldoko.

Dengan formasi deputi yang sudah lengkap, Moeldoko meyakini KSP bisa menjalankan tugas dengan baik. Dia pun meminta agar para deputi KSP bisa menjadi panutan di tim yang dipimpinnya.

"Seorang deputi harus bisa menciptakan iklim kerja kreatif dan inovatif sehingga timnya dapat memberikan masukan out of the box," kata Moeldoko.  

Advertisement

Berikut profil kelima deputi baru KSP: 

Febry Calvin Tetelepta

Lahir di Ambon pada 14 Februari 1969. Febry memperoleh gelar sarjana filsafat dari Universitas Kristen Indonesia Ambon, Maluku dan Magister Hukum dari UKI Jakarta.

(Baca: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun, KSP: Publik Berhak Menilai)

Febry diketahui menjadi Tenaga Ahli Utama KSP sejak 2015 membidangi masalah infrastruktur dan perhubungan. Pada 2015, Febry juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Sensor Film (LSF). Dia juga memiliki pengalaman sebagai komisaris pada sebuah perseroan milik swasta.

Abetnego

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement