Laboratorium Prodia Kini Layani Pemeriksaan PCR Covid-19

Prodia kini resmi menjadi bagian dari 104 jejaring laboratorium pemeriksa RT-PCR Covid-19 di Indonesia.
Image title
Oleh Muchammad Egi Fadliansyah
23 Juni 2020, 07:27
tes pcr, laboratorium tes pcr, prodia
ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Ilustrasi. Prodia kini resmi menjadi bagian dari 104 jejaring laboratorium pemeriksa RT-PCR Covid-19 di Indonesia.

PT Prodia Widyahusada Tbk menyatakan telah mengantongi  izin dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pemeriksaan laboratorium real time polymerase chain reaction atau RT-PCR Covid-19.  Prodia kini resmi menjadi bagian dari 104 jejaring laboratorium pemeriksa RT-PCR Covid-19 di Indonesia.

“Podia saat ini  sebagai laboratorium resmi rujukan nasional pemeriksaan RT-PCR COVID-19 di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mendukung pemerintah dalam menangani COVID-19 ,” tulis Dewi dalam keterbukaan infromasinya di Bursa Efek Indonesia , dikutip, Senin (22/6).

Pemeriksaan RT PCR ini sudah dapat dilakukan sejak awal Mei. Emiten berkode PRDA ini berharap, dapat membantu mempercepat laporan hasil dan meningkatkan kapasitas jumlah sampel corona yang diperiksa setiap hari.  Kapasitas laboratorium rujukan Prodia untuk pemeriksaan spesimen RT-PCR COVID-19 mencapai lebih dari 50 spesimen per hari. 

(Baca: Anies : Pengendalian Virus Corona di Pasar Tradisional Paling Kompleks)

Pemeriksaan juga telah disesuaikan dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laboratorium Prodia akan melakukan labelling atas semua spesimen yang diberikan dengan menggunakan metode labelling dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dan sesuai ketentuan Kemenkes. 

Dengan demikian, mereka dapat mengirimkan dan melaporkan hasil pemeriksaan kepada Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Puslitbangkes) Kementerian Kesehatan RI dan fasilitas kesehatan pengirim spesimen.

Prodia, menurut Dewi,  juga telah menyiapkan mekanisme untuk memusnahkan sisa sampel pemeriksaan laboratorium dengan segera, serta mengirimkan sampel hasil pemeriksaan dari spesimen yang hasilnya positif maupun negatif kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan sebagai Laboratorium Rujukan Nasional.

(Baca: Bappenas: Daya Beli Masyarakat Hilang Rp 362 T Akibat Pandemi Corona)

Selain mengerjakan tes RT-PCR SARS-CoV-2 RNA, Prodia menyediakan dua jenis pemeriksaan terkait Covid-19 lainnya bagi pelanggan yakni pemeriksaan serologi cepat atau rapid test antibodi (Anti-SARS-CoV-2 IgM/IgG) dan pemeriksaan serologi antibodi berbasis immunoassay menggunakan alat otomatis (Anti-SARS-CoV-2 immunoassay).

Bagi pasien yang berminat melakukan rapid test antibodi atau serologi Anti-SARS-CoV-2 immunoassay dapat mengunjungi cabang Prodia tertentu atau menghubungi Kontak Prodia di 1500-830 terlebih dahulu untuk informasi lebih lanjut.

Berdasarkan data per 22 Juni 2020, Provinsi DKI Jakarta memiliki sebanyak 9.957 kasus positif terkonfirmasi COVID-19 dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 5.128 orang dan jumlah pasien yang dirawat 1.310 orang. Sedangkan jumlah pasien yang meninggal sebanyak 618 orang dan 2.901 orang melakukan isolasi mandiri.

 

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Agustiyanti

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait