Laboratorium Prodia Kini Layani Pemeriksaan PCR Covid-19

Image title
23 Juni 2020, 07:27
tes pcr, laboratorium tes pcr, prodia
ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Ilustrasi. Prodia kini resmi menjadi bagian dari 104 jejaring laboratorium pemeriksa RT-PCR Covid-19 di Indonesia.

PT Prodia Widyahusada Tbk menyatakan telah mengantongi  izin dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pemeriksaan laboratorium real time polymerase chain reaction atau RT-PCR Covid-19.  Prodia kini resmi menjadi bagian dari 104 jejaring laboratorium pemeriksa RT-PCR Covid-19 di Indonesia.

“Podia saat ini  sebagai laboratorium resmi rujukan nasional pemeriksaan RT-PCR COVID-19 di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mendukung pemerintah dalam menangani COVID-19 ,” tulis Dewi dalam keterbukaan infromasinya di Bursa Efek Indonesia , dikutip, Senin (22/6).

Pemeriksaan RT PCR ini sudah dapat dilakukan sejak awal Mei. Emiten berkode PRDA ini berharap, dapat membantu mempercepat laporan hasil dan meningkatkan kapasitas jumlah sampel corona yang diperiksa setiap hari.  Kapasitas laboratorium rujukan Prodia untuk pemeriksaan spesimen RT-PCR COVID-19 mencapai lebih dari 50 spesimen per hari. 

(Baca: Anies : Pengendalian Virus Corona di Pasar Tradisional Paling Kompleks)

Pemeriksaan juga telah disesuaikan dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laboratorium Prodia akan melakukan labelling atas semua spesimen yang diberikan dengan menggunakan metode labelling dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dan sesuai ketentuan Kemenkes. 

Dengan demikian, mereka dapat mengirimkan dan melaporkan hasil pemeriksaan kepada Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Puslitbangkes) Kementerian Kesehatan RI dan fasilitas kesehatan pengirim spesimen.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...