Pasien Sembuh di 4 Provinsi Lebih Banyak Dibanding Kasus Baru Corona

Agustiyanti
27 Juni 2020, 17:08
covid-19, pandemi corona, kasus corona, pasien sembuh corona
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.
Ilustrasi. Total Kasus corona per 27 Juni mencapai 52.812, sebanyak 21.909 pasien dinyatakan sembuh dan 2.720 orang meninggal dunia.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mencatat 18 provinsi dengan penambahan kasus di bawah 10 orang pada hari ini, Sabtu (27/6). Sebanyak empat provinsi bahkan tak memiliki tambahan atau kasus baru corona

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan terdapat sejumlah daerah yang mencatatkan jumlah pasien sembuh lebih banyak daripada kasus baru. Empat di antaranya, yakni Kalimantan Selatan dengan jumlah kasus  baru mencapai 53 dengan 93 orang telah sembuh. 

Kemudian provinsi Maluku dengan 14 kasus baru dan 22 orang sembuh, Kalimantan Barat dengan 8 kasus baru dan 10 orang sembuh, dan Sumatera Barat dengan 2 kasus baru dan 10 orang sembuh. 

"Total pasien sembuh mencapai 576 orang sehingga total menjadi 21.909 orang. Sebanyak 448 kabupaten kota terdampak," ujar Yurianto di Jakarta, Kamis (27/6). 

(Baca: Pecah Rekor Lagi, Kasus Baru Corona di RI Bertambah 1.358 Orang)

Yurianto menjelaskan, pihaknya pada pekan ini telah berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Kota dengan kecenderungan jumlah kasus yang tinggi. "Kami telah sampaikan ke dinas kesehatan agar ini dilakukan intervensi lebih cepat, bukan hanya banyak kasus tapi jumlah kasus per 100 ribu orang karena dapat direpresentasikan dengan risiko ancaman menular yang tinggi," jelas dia.  

Penularan virus corona yang tinggi di sejumlah daerah terjadi lantaran sumber penularan masih terdapat di tengah masyarakat. Terdapat pasien terinfeksi yang tak melakukan isolasi secara baik dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...