Survei: 48% Masyarakat Sangat Percaya Pemerintah Mampu Tangani Corona

Dimas Jarot Bayu
14 Juli 2020, 15:37
survei, pandemi corona, covid-19
ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Ilustrasi. Hasil survei yang dilakukan Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik Universitas Airlangga mencatat hanya 9% masyarakat yang memiliki kepercayaan rendah terhadap pemerintah terkait penanganan corona.

Hasil survei yang dilakukan Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik Universitas Airlangga mencatat 47,8% masyarakat Indonesia masih memiliki kepercayaan yang tinggi kepada pemerintah terkait penanganan Covid-19. Sementara, 43,3% masyarakat memiliki kepercayaan yang sedang.

"Masyarakat yang memiliki kepercayaan rendah terhadap pemerintah dalam penanganan Covid-19 ada 9%," kata Koordinator Analisis Penelitian Puspek Unair Fahrul Muzaqqi dalam diskusi virtual, Selasa (14/7).

Advertisement

Fahrul mengatakan, Puspek Unair membagi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam penanganan corona menjadi lima variabel, yakni implementasi sistem penanganan, efektivitas PSBB, kondisi struktural pemerintah, komunikasi kebijakan, dan dukungan politik kepada Presiden Joko Widodo.

Pada variabel pertama, ada 46,5% masyarakat Indonesia yang memiliki kepercayaan tinggi terhadap implementasi sistem penanganan corona. Sebanyak 45,3% responden memiliki kepercayaan sedang terhadap implementasi sistem penanganan corona. "Secara nasional, masyarakat yang memiliki tingkat kepercayaan rendah hanya 8%," kata Fahrul.

Pada variabel kedua terkait efektivitas PSBB, 51,8% masyarakat Indonesia memiliki tingkat kepercayaan tinggi kepada pemerintah. Sebanyak 41,4% responden memiliki tingkat kepercayaan sedang. Sementara, ada 6,9% responden yang memiliki tingkat kepercayaan rendah.

(Baca: Jokowi Instruksikan Perwira Muda TNI-Polri Ikut Atasi Krisis Corona)

Pada variable ketiga, 42,8% masyarakat Indonesia memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terkait dengan kondisi struktural pemerintah. Lalu 40,1% responden memiliki kepercayaan sedang dan 17,1% responden memiliki tingkat kepercayaan rendah. "Tingkat kepercayaan rendah terkait ini agak naik dibanding dua variabel yang awal," kata Fahrul.

Pada variabel keempat terkait komunikasi kebijakan, ada 47,1% masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi terhadap komunikasi kebijakan pemerintah. Lalu 38,5% responden memiliki tingkat kepercayaan sedang. "Secara nasional, masyarakat yang tingkat kepercayaannya rendah terhadap komunikasi kebijakan pemerintah  sebesar 14,40%," kata dia.

Pada variabel kelima, masyarakat Indonesia dengan dukungan politik yang tinggi kepada Jokowi mencapai 82%. Angka ini jauh melampaui berbagai variabel sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement