Ekspor RI ke Swiss Melonjak Hampir Empat Kali Lipat di Tengah Pandemi

Image title
16 Juli 2020, 21:49
Ekspor, swiss, pandemi corona, negara tujuan ekspor
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Total ekspor Indonesia pada Juni tercatat mencapai US$ 12,03 miliar, naik 15,1% dibandingkan bulan sebelumnya atau 2,3% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pemerintah mencatat ekspor ke Swiss dalam lima bulan pertama 2020 mencapai US$ 1 miliar. Jumlah tersebut melonjak hingga 284% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini menggembirakan di tengah situasi pandemi virus corona.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss merangkap Liechtenstein Muliaman Hadad mengatakan, beberapa komoditas yang mengalami kenaikan ekspor yakni emas, produk tekstil rajutan, kopi, suku cadang mesin, mebel, minyak atsiri dan kimia organik. 

“Nilai ekspor Indonesia ke Swiss dalam lima bulan pertama 2020 ini mencapai lebih dari US$ 1 miliar lebih besar dari nilai ekspor Indonesia ke Swiss untuk setahun pada 2019 yang hanya US$ 988 juta,” ujar Muliaman dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Kamis (16/7).

(Baca: Ekspor Produk Kehutanan Januari-Juni 2020 Anjlok 5% Imbas Covid-19)

Berdasarkan data Swiss Federal Customs Administration, peningkatan terbesar terjadi pada April dan Mei yang meningkat masing-masing 670% dan 404% dibanding bulan yang sama tahun lalu.  Sementara kenaikan secara bulanan tertinggi terjadi pada Maret.

Selain ekspor, impor dari Swiss juga turut meningkat selama Januari-Mei 2020. Berdasarkan data Swiss Federal Customs Administration, total impor pada periode tersebut mencapai US$ 308 juta, naik 74% dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...