Tiongkok Bangkit saat Resesi Global, Ekonomi Kuartal II Tumbuh 3,2%

Agustiyanti
16 Juli 2020, 18:16
ekonomi Tiongkok, pertumbuhan ekonomi, resesi ekonomi global
ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang/nz/dj
Ilustrasi. Perekonomian Tiongkok mulai pulih pada kuartal II setelah mengalami kontraksi untuk pertama kali sejak 1992.

Ekonomi Tiongkok tumbuh 3,2% pada kuartal kedua tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Perekonomian Negeri Tirai Bambu ini mulai pulih dari kontaksi pada kuartal lalu seiring pelonggaran lockdown dan langkah stimulus untuk menahan dampak pandemi corona.

Pertumbuhan ini lebih tinggi dari perkiraan analis dalam jajak pendapat reuters sebesar 2,5% dan jauh lebih baik dari penurunan tajam hingga 6,8% pada kuartal pertama, kontraksi pertama sejak setidaknya 1992 ketika Tiongkok mulai merilis data PDB secara kuartal.

Advertisement

PDB Tiongkok pada kuartal II naik 11,5% dibanding tiga bulan pertama tahun ini. Lebih tinggi dari ekspektasi sebesar 9,6% maupun penurunan yang mencapai 10% pada kuartal sebelumnya.

"Pemulihan dipimpin oleh stimulus pemerintah, yang sangat terfokus pada sisi industri. Konsumen tetap sangat berhati-hati. Kehati-hatian itu adalah sesuatu yang dilihat pasar pada negara-negara yang memiliki peran konsumsi rumah tangga yang tinggi pada pertumbuhan ekonom. Ini juga relevan dengan AS," kata Kepala Penelitian Tiongkok Bank OCBC Singapura dikutip, Rabu (16/7).

(Baca: Rupiah Loyo ke 14.625 per Dolar AS Imbas Data Ekonomi Tiongkok)

Dengan capaian ini, ia memperkirakan ekonomi Tiongkok sepanjang tahun ini berpotensi tumbuh 3%.

“Pendorong utamanya adalah ekspor netto, tidak hanya dari perspektif barang tetapi juga dari perspektif layanan," katanya.

Kepala Ekonomi Asia Oxford Hong Kong Louis Kuijs menyebut ekspansi Tiongkok pada kuartal II menekankan pemulihan ekonomi kuat yang tengah terjadi di negara tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement