Pulihkan Pariwisata, RI Promosikan Bali ke Warga Tiongkok

Rizky Alika
17 Juli 2020, 16:31
pariwisata, pandemi corona, covid-19, bali, masyarakat Tiongkok
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
Ilustrasi Bali.Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling pertama terdampak covid-19.

Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling pertama terdampak covid-19. Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok Djauhari Oratmangun pun berupaya memulihkan pariwisata Indonesiadengan mempromosikan Bali pada masyarakat Tiongkok.

"Kami coba promosikan Indonesia karena pintu masuk masyarakat Tiongkok sebagian besar di Bali. Oleh karenanya, kami buat tagar Working From Indonesia," kata dia dalam sebuah diskusi, Jumat (17/7).

Advertisement

Menurutnya, masyarakat Tiongkok mulai menujukkan minat untuk mengunjungi Bali. Hal ini tercermin dari sebuah diskusi terkait wisata Bali setelah covid-19 yang diikuti oleh sejuta partisipan.

Selain itu, Bali menjadi menjadi topik yang ramai dibicarakan pada media sosial Tiongkok, yaitu Weibo. Hingga 17 Juli, tagar Bali di Weibo telah dibaca oleh warganet sebanyak 370 juta kali. Sementara, tingkat kecenderungan baca terkait topik Bali mencapai 358.568 kali hingga 16 Juli.

(Baca: Rumitnya Menyambung Napas Industri Pariwisata saat Pandemi)

Ia mengatakan, konten yang dibagikan oleh pihaknya merupakan salah satu cara menarik wisatawan mancanegara saat pandemi covid-19 berakhir. Promosi tersebut juga dilakukan melalui televisi nasional.

Meski begitu, ia mengingatkan pentingnya pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia. Hal ini untuk mendukung para wisman agar dapat mengunjungi Indonesia sambil bekerja.

"Internet akan dipakai untuk bekerja. Ini harus kita perhatikan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement