Pabrik Green Diesel Pertamina Ditaksir Mampu Serap 1,2 Juta Ton CPO

Rizky Alika
17 Juli 2020, 22:09
Pertamina, d100, green diesel, pandemi corona
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/NZ.
Ilustrasi. Pertamina telah memproduksi D100 sebanyak seribu barel per hari di kilang Dumai.

PT Pertamina sedang membangun pabrik green diesel atau solar hijau dengan kapasitas produksi 20 ribu barel per hari. Ketua Dewan Penasehat Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia Bayu Krisnamurthi memperkirakan, penyerapan minyak kelapa sawit atau CPO dari pabrik tersebut dapat mencapai 1,2 juta ton.

"20 ribu barel per hari kira-kira setara dengan sekitar 1,2 juta ton CPO per tahun," kata Bayu saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (17/7).

Selain membangun pabrik green diesel, Pertamina juga telah memproduksi D100 sebanyak seribu barel per hari di kilang Dumai. Bayu memperkirakan serapan CPO dari kilang tersebut mencapai 170 ton per hari atau 60 ribu ton CPO per tahun.

Sementara itu, Mantan Menteri Pertanian Indonesia sekaligus Pengamat Pertanian Bungaran Saragih memperkirakan serapan CPO untuk green diesel dapat meningkatkan harga sawit."Harga sawit lebih baik dan akan mengungkit perekonomian," katanya.

(Baca: Pertamina Dapat Rapor Merah Karena Lifting Migas Tak Capai Target)

Ia berharap pengembangan green diesel tersebut dapat diikuti dengan kebijakan dari pemerintah sehingga penggunaannya lebih masif. Kebijakan ini juga dinilai mampu  mengurangi pengeluaran devisa untuk impor minyak dan gas bumi. 

"Nantinya kita akan punya bargaining power yang besar di pasar internasional kalau bisa manfaatkan pasar domestik," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...