Istana: Penempatan BIN di Bawah Presiden Tiru Banyak Negara Lain

Dimas Jarot Bayu
20 Juli 2020, 12:08
presiden Joko Widodo, BIN, pandemi corona, koordinasi bin
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/aww.
Ilustrasi. Badan Intelijen Negara saat ini berada di bawah koordinasi langsung Presiden Joko Widodo.

Badan Intelijen Negara kini tak lagi berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Melalui Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2020, BIN langsung berada di bawah koordinasi presiden.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian menjelaskan, penempatan BIN langsung di bawah koordinasi presiden mencontoh praktik-praktik yang dilakukan oleh negara-negara lain. "Saya kira best practices dari negara-negara yang ada, memang BIN itu langsung di bawah Presiden. Jadi end user-nya adalah Presiden," kata Donny ketika dihubungi Katadata.co.id, Senin (20/7).

Dengan demikian, BIN dapat segera memberikan informasi-informasi strategis yang dibutuhkan oleh Presiden Joko Widodo sehingga pengambilan kebijakan terkait keselamatan bangsa dan negara dapat dilakukan secara taktis. "Presiden sebagai kepala negara kan harus bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan bangsa dan negara," kata Donny.

Advertisement

(Baca: Kaburnya Joko Tjandra Dianggap Kesalahan Kejaksaan Agung)

Walau demikian, ini tidak berarti BIN tak lagi berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lainnya. Koordinasi antara BIN dan kementerian/lembaga lainnya tetap akan berjalan. 

 "Informasi harus dibagikan, yang penting tujuannya adalah untuk kepentingan bangsa dan negara, tapi secara struktural BIN langsung bertanggung jawab kepada Presiden," kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement