Aktivitas Bisnis AS & Eropa Mulai Pulih Tapi DIbayangi Prospek Suram

Agustiyanti
26 Juli 2020, 10:49
PMI, indeks manufaktur AS, indeks manufaktur eropa, indeks manufaktur, pemulihan ekonomi
ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder/ama/dj
Ilustrasi. Pemulihan ekonomi di AS dan Eropa masih dibayangi kenaikan kasus virus corona.

Data perekonomian terbaru di Amerika Serikat dan Eropa mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan meski masih dibayangi oleh peningkatan kasus virus corona. Penjualan rumah keluarga tunggal di AS pada Juni melaju hampir ke level tertinggi dalam 13 tahun terakhir, sementara data PMI di Eropa meningkat kembali ke level ekspansi pada Juli.

Dikutip dari Reuters, pasar perumahan AS terbantu oleh rekor suku bunga rendah. Selain itu, banyak warga yang kini memilih berpindah dari pusat kota ke daerah pinggiran dengan kepadatan lebih rendah karena pandemi Covid-19.

Advertisement

Laporan optimistis dari Departemen Perdagangan pada Jumat (24/7) waktu setempat ini, diikuti oleh data bulan ini yang menunjukkan lonjakan kepercayaan kontraktor rumah pada Juli. Selain itu, data ini juga seiring dengan percepatan dalam pembangunan rumah dan penjualan rumah yang sebelumnya dimiliki pada Juni.

Pandemi virus corona telah menyebabkan perusahaan mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah. Aktivitas bekerja dan sekolah dari rumah memicu permintaan untuk rumah yang luas di daerah metro kecil, pedesaan, dan pinggiran kota metro besar. Kekuatan pasar perumahan dapat membantu menopang sektor ritel karena pemilik rumah membeli furnitur, peralatan kebun, dan pasokan lainnya

"Perumahan memiliki sistem kekebalan yang kuat," kata Michelle Meyer, Kepala Ekonom Bank of America Securities di New York.

Penjualan rumah baru naik 13,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 776.000 unit bulan lalu, level tertinggi sejak Juli 2007. Laju penjualan Mei direvisi naik menjadi 682.000 unit dari 676.000 unit yang dilaporkan sebelumnya.

Di sisi lain, sebuah laporan terpisah pada hari Jumat dari perusahaan data IHS Markit juga menunjukkan kenaikan Indeks Output PMI Komposit AS, yang melacak sektor manufaktur dan jasa, naik ke pembacaan 50 pada Juli dari 47,9 pada bulan Juni. Kenaikan ini mengakhiri penurunan selama lima bulan berturut-turut.

Angka di atas 50 menunjukkan pertumbuhan hasil produksi sektor swasta. IHS Markit mengatakan beberapa penyedia layanan sedang berjuang dengan reintroduksi langkah-langkah kuncian. Indeks pesanan komposit baru tergelincir ke 49,5 bulan ini dari 49,9 pada bulan Juni.

Namun kenaikan kasus infeksi Covid-19 yang baru telah memaksa beberapa otoritas di wilayah Selatan dan Barat AS untuk menutup bisnis lagi atau menghentikan pembukaan kembali. Ini dapat memperlambat momentum pasar perumahan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement