Negara G20 Sepakat Kerjasama Kembangkan Vaksin dan Obat Corona

Image title
26 Juli 2020, 13:25
covid-19, pandemi corona, pemulihan ekonomi dunia, negara G20
123RF.com/Lightfieldstudios
Ilustrasi. Hampir seluruh negara kini tengah bertarung melawan efek pandemi ini, baik dari aspek kesehatan maupun perekonomian.

Negara-negara G20 sepakat untuk bekerja sama mengembangkan vaksin dan obat-obatan Covid-19 yang mudah diakses dan terjangkau, serta mempercepat pemulihan ekonomi dunia. Hampir seluruh negara kini tengah bertarung melawan efek pandemi ini, baik dari aspek kesehatan maupun perekonomian. 

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Affandi Lukman, menjelaskan kesepakatan tersebut diambil oleh para pemimipin negara-negara G20 dalam pertemuan virtual Extraordinary G20 Sherpa ke-2 yang digelar hari Jumat (24/7) lalu.

Advertisement

"Indonesia terus mendorong peningkatan kerja sama dalam rangka penemuan vaksin dan penyaluran obat-obatan yang mudah terjangkau dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat," ujar Rizal dalam siaran pers, dikutip Minggu (26/7). 

Selain aspek kesehatan, pemulihan ekonomi juga menjadi konsen utama pemerintah Indonesia. Kini semua negara di dunia tengah melakukan langkah luar biasa dan menerapkan strategi kebijakan, baik dari sisi fiskal maupun moneter.

 Untuk mendorong pemulihan ekonomi, pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial bagi yang terdampak, serta mendorong peningkatan kemampuan pelaku usaha sektor rill dan sektor keuangan. 

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement