Vaksin Covid-19 Berpotensi Tersedia di AS pada Akhir Tahun Ini

Agustiyanti
28 Juli 2020, 07:43
vaksin corona, vaksin covid-19, covid-19, pandemi corona, virus corona, amerika serikat
123RF.com/Lightfieldstudios
Lebih dari 150 kandidat vaksin virus corona sedang dalam berbagai tahap pengembangan, dengan sekitar dua lusin proyek yang sudah sampai dalam tahap pengujian pada manusia.

Produsen obat asal Amerika Serikat, Moderna Inc mengumumkan dimulainya uji coba tahap akhir skala besar pada vaksin Covid-19. Perjabat AS dan perusahaan pun memastikan vaksin ini dapat siap digunakan secara luas pada akhir tahun ini.

Dikutip dari Reuters, uji coba ini adalah studi tahap akhir pertama di bawah pemerintahan Donald Trump. Uji coba dilakukan pada 30 ribu subjek untuk memastikan vaksin aman dan bekerja efektif.

Advertisement

Moderna yang tidak pernah menyediakan vaksin di pasar menerima hampir US$ 1 miliar dari pemerintah AS. Dana tersebut merupakan bagian dari program pembiayaan vaksin.

Lebih dari 150 kandidat vaksin virus corona sedang dalam berbagai tahap pengembangan, dengan sekitar dua lusin proyek yang sudah sampai dalam tahap pengujian pada manusia.

Pfizer Inc dan Johnson & Johnson meluncurkan uji klinis tahap lanjut bulan ini untuk kandidat vaksin Covid-19 mereka. Pembuat obat Inggris AstraZeneca Plc mengatakan akan memulai uji coba besar-besaran di AS musim panas ini dari vaksinnya yang sedang dikembangkan dengan para peneliti Universitas Oxford.

"Memiliki vaksin yang aman dan efektif yang didistribusikan pada akhir tahun 2020 adalah tujuan jangka panjang, tetapi ini adalah tujuan yang tepat untuk rakyat Amerika," kata Direktur Institusi Kesehatan Nasional Francis Collins dalam rilis yang mengumumkan dimulainya Fase besar Moderna.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement