Harga Emas Dunia Dekati Rekor, Logam Mulia Antam Naik Rp 3.000/Gram

Agustiyanti
30 Juli 2020, 09:27
harga emas, harga emas antam, the fed tahan suku bunga, harga emas hari ini
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Ilustrasi. Harga penjualan emas Antam naik Rp 3.000 menjadi Rp 913 ribu per gram.

Harga emas Antam hari ini naik Rp 3.000 menjadi Rp 1,016 juta per gram. Sementara harga emas dunia sempat mendekati rekor tertinggi  tadi malam setelah Bank Sentral AS memutuskan untuk menahan suku bunga acuannya mendekati 0%.

Advertisement

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot pagi ini telah kembali melemah 0,31% ke level US% 1.964,26 per ons. Sedangkan harga emas berjangka naik 0,29% mennjadi US$ 1.959,1 per ons.

Selama konferensi pers Gubernur The Fed Jerome Powell, harga emas melonjak 1,1% menjadi US$ 1.980,31 per ons, tepat di bawah rekor tertinggi sepanjang masa yang dicatatkan pada Selasa (28/7) sebesar US$ 1.980,57 per ons.

"Aksi harga emas saat konferensi Powell yang naik turun setelah reli panjang, menunjukkan probabilitas koreksi jangka pendek yang lebih tinggi," kata Tai Wong, Kepala logam mulia dan logam mulia perdagangan derivatif di BMO.

 The Federal Reserve juga memperkirakan pemulihan ekonomi AS lebih lambat dari prediksi awal akibat lonjakan kembali virus corona di negara tersebut. Namun, bank sentral berkomitmen untuk menggunakan seluruh tools kebijakan yang mereka miliki untuk mendukung ekonomi dan menjaga suku bunga mendekati nol selama dibutuhkan untuk memulihkan ekonomi.

Paket stimulus besar-besaran untuk membantu ekonomi di seluruh dunia dan suku bunga rendah telah membantu mendorong harga emas naik hampir 30% sepanjang tahun ini.

"Fundamental untuk emas tidak pernah lebih baik dari ini," kata Jeffrey Sica, pendiri Circle Squared Alternative Investments.

Kendati demikian, harga emas berpotensi terkoreksi lantaran banyak investor yang sudah memperdagangkan emas dalam jangka pendek yang akan melakukan aksi ambil untung.

Di dalam negeri, harga emas Antam kembali naik untuk seluruh jenis produk berdasarkan bobotnya. Harga penjualan kembali emas Antam juga naik Rp 3.000 menjadi Rp 913 ribu per gram. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement