Kasus Corona Terkendali, Banyuwangi Bakal Gelar Kejuaraan Surfing

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan optimistis World Surf League bisa digelar di Banyuwangi, Jawa Timur pada 2021.
Image title
Oleh Tri Kurnia Yunianto
30 Juli 2020, 10:14
virus corona, pandemi corona, luhut pandjaitan, kejuaran surfing, pandemi corona
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Warga bermain selancar di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (5/12/2019). Banyuwangi akan menjadi tuan rumah kejuaraan Surfing pada 2021 seiring kasus corona yang terkendali di wilayah tersebut.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Penyebaran virus corona di wilayah Banyuwangi dinilai cukup terkendali. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun optimistis World Surf League bisa digelar di Banyuwangi, Jawa Timur pada tahun depan. 

Hingga saat ini, menurut Luhut, terdapat 55 orang yang terinfeksi virus corona dari total penduduk Banyuwangi sebanyak 1,7 juta orang. Dari jumlah itu, 44 orang sudah dinyatakan sembuh.

"Kami akan mendukung G-land untuk WSL di Juli tahun depan, masih ada waktu sekitar satu tahun untuk mempersiapkan itu," kata Luhut melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Kamis (30/7).

Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi terpilih sebagai lokasi WSL lantaran ombak G-Land atau Pantai Plengkung memiliki ketinggian mencapai 6-8 meter dan panjang dua kilometer,. Karakteristik ombak tersebut membuat G=Land menjadi tujuan wajib para peselancar. Ombak Pantai Plengkung ini menempati posisi kedua setelah Hawaii untuk kategori tujuh ombak terbaik di dunia.

Selain itu, keindahan wisata bahari di Pantai Plengkung menarik untuk wisatawan. "Informasi ini penting untuk investor dan wisatawan yang akan datang nantinya," kata dia.

Kejuaraan dunia selancar ini diharapkan akan kembali menggeliatkan pariwisata Banyuwangi pada tahun depan sehingga ekonomi wilayah tersebut dapat kembali pulih. Selain mendorong pariwisata, pemerintah juga akan mendorong bisnis UMKM yang terpukul pandemi. Pemerintah memberikan subsidi bunga kredit dan perpanjangan pembayaran pokok cicilan bagi UMKM yang terdampak Covid-19. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik upaya pemerintha pusat dalam menggerakkan kembali roda perekonomian setelah terpukul adanya wabah. Perbaikan ekonomi akan dilakukan beriringan dengan penanganan wabah.

"Kami yakin pemulihan ekonomi Banyuwangi bisa cepat untuk segera kembali membuka banyak lapangan kerja bagi warga,” kata Anas.

Kejuaraan dunia surfing musim 2021 yang akan dimulai pada akhir tahun ini menunggu kondisi pandemi telah kondusif. Adapun untuk musim 2020 seri pertama yang seharusnya dijadwalkan mulai bulan Maret di Queensland, Australia batal diselenggarakan akibat pandemi corona. 

Pasien positif Covid-19 secara nasional bertambah 2.381 orang per 29 Juli 2020. Total Kasus mencapai 104.432 dengan 62.138 pasien dinyatakan sembuh dan 4.975 orang meninggal dunia.

 

Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait