Vaksin Belum Ada, Satgas Covid-19 Ingatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Dimas Jarot Bayu
4 Agustus 2020, 19:20
kasus virus corona, pandemi corona, covid-19
Katadata
Ilustrasi. Pasien positif Covid-19 bertambah 1.922 orang per 4 Agustus 2020 sehingga total Kasus mencapai 115.056.

Juru bicara Satuan Tugas Penangananan Covid-19 Wiku Adisasmito tak bisa memprediksi kapan pandemi virus corona akan berakhir. Wiku menilai penularan virus corona masih terus berlangsung hingga saat ini.

Ia menekankan, virus corona sangat berbahaya dan ganas, serta mudah menular. Vaksin dan obat untuk menangani corona masih belum ditemukan hingga saat ini.

Advertisement

"Untuk itu kalau ada yang bertanya kapan pandemi ini berakhir, lebih baik kita bertanya kapan diri kita bisa disiplin pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan," kata Wiku di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (4/8). 

Perubahan perilaku untuk menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci utama untuk mencegah corona. Selain itu, perubahan perilaku ini berbiaya lebih murah ketimbang memproduksi obat dan vaksin corona. Perubahan perilaku dapat dilakukan dimulai dari diri sendiri.

"Jadi sekali lagi, kami mohon saudara-saudara sekalian agar betul-betul dapat mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, jaga jarak, dan selalu pakai masker," katanya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement