1.323 Pedagang Pasar Terpapar Covid-19, 41 Orang Meninggal Dunia

Sebanyak 1.323 pedagang pasar pada 227 pasar di 92 kabupaten/kota serta 27 provinsi terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu, 41 orang meninggal dunia.
Image title
Oleh Tri Kurnia Yunianto
6 Agustus 2020, 20:56
pasar tradisional, covid-19, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/pras.
Ilustrasi. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia meminta pemerintah meningkatkan pengetesan Covid-19 kepada para pedagang.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia kembali mencatat tambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di kalangan pedagang pasar tradisional. Hingga Kamis (6/8), sebanyak 1.323 pedagang pasar pada 227 pasar di 92 kabupaten/kota serta 27 provinsi terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu, 41 orang meninggal dunia. 

Ketua Bidang Infokom Dewan Pimpinan Pusat IKAPPI Reynaldi Sarijowan mengatakan,  terdapat tambahan korban meninggal dari dua pekan lalu sebanyak 37 orang menjadi 41 orang. Tambahan korban meninggal tersebar di wilayah Balikpapan, Kalimantan Timur yaitu di Pasar Sepinggan dua orang, Pasar Muara Lapak satu orang, dan Pasar Baru satu orang.

"Kami terus mendorong agar penanganan wabah di pasar tradisional terus ditingkatkan," kata Reynaldi melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Kamis (6/8).

Ia meminta pemerintah untuk meningkatkan pengetesan Covid-19 di kalangan pedagang.. Selain itu, fasilitas protokol kesehatan pun harus ditingkatkan di pasar untuk meningkatkan upaya pencegahan penyebaran virus. Adapun terkait upaya sterilisasi pasar, IKAPPI meminta bantuan kepada relawan Palang Merah Indonesia dan Badan Nasional Penggulangan Bencana Daerah untuk melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala dipasar disaat jam operasional pasar tutup.

"Ini bisa dilakukan secara bersama-sama serta dapat menjaga agar pasar tetap aman, bersih dan sehat sehingga kembali dapat meningkatkan perekonomian," kata dia.

Adapun secara nasional, kasus positif virus corona bertambah 1.882 menjadi 118.753 orang pada hari Kamis (6/8). Provinsi DKI Jakarta menyumbang kenaikan kasus terbanyak yakni 556 orang. Detail perkembangan kasus Covid-19 dapat dilihat di bawah ini. 

 

Dari data Kementerian Kesehatan, kenaikan jumlah kasus hari ini didapatkan dari tambahan pemeriksaan 29.375 sampel spesimen. Secara total 1.633.156 tes spesimen telah dilakukan seluruh jejaring laboratorium di Indonesia.

Setelah Jakarta, kasus baru terbesar berasal dari Jawa Timur yakni 286 orang. Sulawesi Selatan berada di peringkat tiga dengan 182 pasien baru positif Covid-19. 

Berikutnya ada Jawa Tengah yang melaporkan 115 kasus baru. Di posisi lima ada Sumatera Utara dengan 86 terkonfirmasi positif hari ini. 

Pemerintah melaporkan adanya 1.756 kasus sembuh dari corona sehingga 75.645 orang dinyatakan telah pulih. Namun angka kematian akibat penyakit ini juga meningkat 69 menjadi 5.521 orang.

 

Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait