KKP Kantongi Tambahan Anggaran Rp 475 M untuk Bantu Nelayan

Image title
10 Agustus 2020, 12:18
anggaran, pandemi virus corona, virus corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi. Tambahan anggaran KKP akan digunakan untuk membantu nelayan yang terdampak pandemi virus corona.

Kementerian Kelautan dan Perikanan menerima tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan untuk tahun 2020 sebesar Rp 474,9 miliar. Tambahan anggaran tersebut akan digunakan untuk membantu nelayan tangkap maupun budidaya yang terdampak pandemi virus corona. 

Kepala Biro Perencanaan KKP Ishartini mengatakan, tambahan anggaran tersebut telah diputuskan berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor S-180/MK.2/2020 pada 8 Agustus 2020. Dengan demikian, anggaran KKP naik dari Rp 4,6 triliun menjadi Rp 5,1 triliun.

Advertisement

"Dana tambahan ini pada prinsipnya untuk membantu pemangku kepentingan KKP imbas pandemi, di antaranya bantuan untuk nelayan seperti alat tangkap dan bantuan untuk pembudidaya," kata Ishartini melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Senin (10/8).

KKP saat ini telah melakukan rapat koordinasi dengan Direktorat Jenderal Anggaran  Kementerian Keuangan untuk membahas secara rinci setiap kegiatan dan mekanisme penggunaan anggarannya. Diharapkan dalam waktu dekat, anggaran itu dapat diserap agar sektor perikanan kembali bergeliat.

Untuk memulihkan sektor perikahanan dan kelautan, KKP sebelumnya telah merelokasi anggaran tahun ini sebesar Rp 371 miliar untuk memuat 23 kegiatan yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi sektor kelautan dan perikanan. "Termasuk Rp 16 miliar untuk akun Covid-19 tahun 2020 di 107 satuan kerja (Satker) KKP, baik di pusat maupun Unit Pelaksana Teknis," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement