Harga Emas Dunia Turun, Logam Mulia Antam Malah Menanjak Rp 2.000/Gram

Agustiyanti
11 Agustus 2020, 08:54
harga emas, harga emas antam naik, harga emas dunia turun
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Ilustrasi. Harga penjualan kembali emas Antam hari ini juga naik Rp 1.000 menjadi Rp 954 ribu per gram.

Harga emas Antam hari ini naik Rp  2.000 menjadi Rp 1.056.000 per gram meski harga emas dunia  menurun akibat terbebani oleh penguatan dolar AS. Dolar perkasa lantaran investor fokus pada rencana stimulus fiskal AS dan meningkatnya ketegangan AS-Tiongkok.

Advertisement

Harga emas di pasar spot pagi ini turun 0,4% menjadi $ 2.019 per ons, sedangkan emas berjangka turun 0,59% menjadi US$ 2.014 per ons. Adapun indeks dolar naik 0,1%, mempertahankan penguatan pekn ini sehingga membuat harga emas lebih mahal bagi pemegangnya mata uang lainnya.

Tiongkok menjatuhkan sanksi pada 11 warga AS, termasuk anggota parlemen dari Partai Republik Presiden Donald Trump, menanggapi pengenaan sanksi Washington terhadap pejabat Tiongkok terkait kebebasan politik di wilayah Hong Kong.

Di sisi lain, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin juga menyebut perusahaan dari Tiongkok dan negara lain yang tidak mematuhi akuntansi standar akan dihapus dari bursa saham AS pada akhir 2021.

Pergerakan harga emas juga dipengaruhi oleh progres stimulus ekonomi AS. Para pemimpin kongres dan pejabat pemerintah mengatakan pada Senin bahwa mereka siap untuk melanjutkan negosiasi tentang kesepakatan bantuan virus corona, tetapi pembicaraan tetap menemui jalan buntu. Demokrat mengatakan Partai Republik perlu bertemu mereka di tengah.

Lebih dari 20 juta orang telah dilaporkan terinfeksi oleh virus corona baru secara global dan 731.787 di antaranya telah terinfeksi meninggal, menurut penghitungan Reuters.

Paket stimulus besar-besaran untuk membantu ekonomi di seluruh dunia dan suku bunga rendah telah membantu mendorong harga emas menembus US 2.000 per ons. 

Di dalam negeri, harga emas Antam  naik untuk seluruh jenis produk berdasarkan bobotnya. Harga penjualan kembali emas Antam juga naik Rp 1.000 menjadi Rp 954 ribu per gram.  

 Berikut harga emas Antam, Selasa 11 Agustus 2020:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement