Resesi EkonomI Singapura Lebih Dalam dari Prediksi Awal

Agustiyanti
11 Agustus 2020, 14:01
resesi ekonomi, singapura, terkontraksi, singapura negatif, pdb singapura
123RF.com/Phuong Nguyen Duy
Ilustrasi. Dibannding periode yang sama tahun lalu, produk domestik bruto Singapura terkontraksi 13,2% pada kuartal kedua.

Resesi ekonomi Singapura pada kuartal II ternyata lebih dalam dari perkiraan semula. Data yang diperbarui Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura menunjukkan ekonomi negeri Jiran ini minus 42,9% dibandingkan kuartal I, lebih buruk dibandingkan angka sebelumnya yang minus 41,2%.

Dibanding periode yang sama tahun lalu, produk domestik bruto negara itu terkontraksi 13,2% pada kuartal yang berakhir 30 Juni. Ini lebih buruk dari data sebelumnya yang terkontraksi 12,6% secara tahunan. 

Advertisement

Sebagian besar ekonomi Singapura ditutup pada awal April karena negara itu memasuki penguncian sebagian, ang oleh pemerintah disebut "pemutus sirkuit" untuk memperlambat penyebaran virus corona. Beberapa pembatasan telah dilonggarkan mulai awal Juni, memungkinkan sebagian besar ekonomi dibuka kembali.

"Penurunan PDB disebabkan oleh langkah-langkah Circuit Breaker (CB) yang diterapkan dari 7 April hingga 1 Juni 2020 untuk memperlambat penyebaran COVID-19 di Singapura, serta permintaan eksternal yang lemah di tengah penurunan ekonomi global yang disebabkan oleh pandemi Covid19. ," Kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement