Kiat Unilever di Masa Pandemi: Efesiensi Waktu dalam Inovasi Produktif

Agatha Olivia Victoria
11 Agustus 2020, 15:24
unilever, pandemi vurus corona. virus corona, inovasi produk
Katadata
Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Hemant Bakshi dalam Webinar Gotong Royong Jaga UMKM Indonesia yang diselenggarakan Katadata.co.id, Selasa (11/8).

Pandemi Covid-19 memukul banyak bisnis di Indonesia. Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Hemant Bakshi menilai efesiensi waktu dalam inovasi produk sangat penting di saat krisis seperti ini.

"Dalam waktu kurang dari 8 bulan kami mengembangkan produk yang dibutuhkan pasar selama pandemi seperti handsanitizer," kata Hemant dalam Webinar Gotong Royong Jaga UMKM Indonesia yang diselenggarakan Katadata.co.id, Selasa (11/8).

Advertisement

Efisiensi waktu juga  sangat bisa dilakukan apalagi jika perusahaan menerapkan kebijakan work from home. Kebijakan WFH membuat pekerja sebenarnya membuat pekerja tak lagi berkutat dengan perjalanan di Jakarta yang memakan waktu.

"Ini membuat produktivitas pekerja meningkat," ujarnya.

Namun, Hermant tak memungkiri bahwa kinerja penjualan perusahaannya tetap terdampak pandemi. Hanya saja, ia merasa dampak tersebut tak terlalu dalam pada perusahaannya yang menyajikan kebutuhan pokok.

Unilever  sebelumnya mencatatkan penjualan bersih senilai Rp 21,77 triliun pada semester I-2020. Capaian tersebut naik 1,5% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Meski begitu, jika melihat periode triwulan II-2020 saja, penjualan Unilever turun 1,6% dibanding periode yang sama tahun lalu. Begitu pula dengan penjualan domestik yang pada periode April-Juni 2020 turun 1,2% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement