Pemerintah Pastikan Produksi Jarum Suntik Cukup untuk Vaksinasi Corona

Dimas Jarot Bayu
19 Agustus 2020, 07:45
vaksin corona, covid-19, pandemi corona
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Pemerintah memastikan ketersediaan jarum suntik jika vaksin corona sudah tersedia.

Pemerintah memastikan Indonesia tak akan kekurangan jarum suntik jika vaksin virus corona telah ditemukan. Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, PT Indofarma  Tbk telah mampu memproduksi 100 juta jarum suntik pada tahun ini. 

“Untuk tahun depan kapasitasnya bisa mencapai lebih dari 300 juta jarum suntik,” kata Wiku di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (18/8).

Advertisement

Jumlah jarum suntik yang bisa diproduksi Indofarma pada tahun depan akan melebihi total penduduk Indonesia saat ini. Saat ini, total penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 268,5 juta jiwa. 

Dengan demikian, Wiku menilai Indonesia tak perlu lagi mengimpor jarum suntik untuk proses vaksinasi di masa mendatang. “Jadi kemampuan Indonesia untuk jarum suntik bisa terpenuhi dari produksi dalam negeri,” kata Wiku.

 Presiden Joko Widodo sebelumnya menargetkan vaksin corona akan dapat diberikan kepada seluruh masyarakat di Indonesia awal 2021. Ini mengingat uji vaksin corona yang dikembangkan PT Bio Farma (Persero) dengan perusahaan asal Tiongkok, Sinovac sudah memasuki uji klinis tahap ketiganya pada Selasa (11/8).

Uji klinis tahap tiga vaksin corona ini rencananya berlangsung selama enam bulan. “Kami harap nanti bulan Januari sudah bisa memproduksi dan sekaligus langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air,” kata Jokowi di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Jawa Barat, Selasa (11/8).

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement