Kemenhub Bakal Tetap Pacu Pembangunan Konektifitas Transportasi Laut

Image title
24 Agustus 2020, 15:17
budi karya, kementerian perhubungan, tol laut, pandemi corona
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Pembangunan infrastruktur transportasi laut akan mengurangi perbedaan harga antarwilayah sehingga dapat memangkas kesenjangan ekonomi.

Kementerian Perhubungan bakal meningkatkan konektivitas transportasi laut baik untuk jasa penumpang maupun pengiriman barang guna menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pembangunan infrastruktur transportasi laut akan mengurangi perbedaan harga antarwilayah sehingga dapat memangkas kesenjangan ekonomi. 

Advertisement

"Peran transportasi laut adalah simpul konektivitas yang jadi keniscayaan dan sebagai daya dukung ekonomi serta tulang punggung pertumbuhan ekonomi," kata Budi dalam diskusi daring di Jakarta, Senin (24/8).

Budi mendapatkan amanah dari Presiden Joko Widodo untuk memberikan perhatian khusus pada transportasi laut di wilayah terluar, terdepan dan tertinggal. Untuk itu, pihaknya bakal mengoptimalisasi kemandirian maritim dengan membangun pelabuhan-pelabuhan potensial hingga memaksimalkan program tol laut.

Adapun beberapa proyek pembangunan pelabuhan yang tengah dibangun yakni Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat dan Pelabuhan Kijing di Mempawah, Kalimantan Barat serta Pelabuhan Gili Mas di Lombok, Nusa Tenggara Barat. "Kami berharap tahun ini bisa launching," katanya.

Ia pun menegaskan pandemi virus corona tak menjadi alasan mundurnya program pembangunan tersebut. Seluruh proses pembangunan akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.  "Justru dengan krisis ini, kita harus lakukan terobosan untuk menciptakan kemajuan termasuk di transportasi," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Laut . Agus Purnomo menjelaskan,  90% jasa pengiriman kargo logistik dunia  saat inidiangkut melalui jalur laut. Dari jumlah tersebut, 40% di antaranya berlayar melewati wilayah Indonesia. Peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah.

Berdasarkan rencana pembangunan strategis transportasi laut tahun 2020 - 2024 Kemenhub bakal fokus menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung konektivitas. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan integrasi dan pemerataan sehingga seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati aksesibiltias melalui jalur laut. "Beberapa pelabuhan didukung kawasan industri di belakangnya, kami akan bangun lagi supaya logistiknya bisa efisien," kata Agus.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement