Pandemi Jadi Momentum Perusahaan Terapkan Pembangunan Berkelanjutan

Rizky Alika
25 Agustus 2020, 18:19
SDG's, pembangunan berkelanjutan, pandemi corona, virus corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
President Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD), Shinta Kamdhani memeparkan materi dalam acara webinar SAFE Forum 2020 : Sustainable Economic Recovery in Indonesia: Opportunities and Challenges, Selasa (25/8/2020).

Sejumlah perusahaan turut berkomitmen untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals/SDGs. President Indonesia Business Council for Sustainable Development Shinta Kamdani mengatakan, pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi pelaku bisnis untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

"Bisnis, stakeholder, dan pelaku ekonomi harus memanfaatkan momentum Covid-19 ini untuk transformasi dalam praktik bisnis berkelanjutan," kata Shinta dalam webinar SAFE Forum 2020: Scale It Up!, Selasa (25/8).

Advertisement

Menurutnya, berbagai pandemi terjadi akibat ada perubahan ekologi, perilaku, sosial, dan ekonomi atau terjadi akibat adanya ketidakseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, pembangunan berkelanjutan diperlukan untuk menjaga lingkungan, sosial, dan ekonomi.

IBCSD pun membantu para perusahaan untuk melakukan pembangunan keberlanjutan di tingkat nasional dan global. Dukungan tersebut tidak hanya diberikan kepada perusahaan multinasional, juga perusahaan lokal.

Shinta mengatakan, IBCSD memiliki upaya untuk memfasilitasi perusahaan dalam melakukan pembangunan berkelanjutan, salah satunya mendorong perusahaan untuk menentukan pilot program. Kemudian, IBCSD juga mendorong pelaku usaha untuk membuat program secara bersama-sama, seperti program konservasi alam.

Guna mendorong para pengusaha pada program SDGs, IBCSD juga memberikan apresiasi dengan memberikan penghargaan Sustainibility Business Award.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement