Buru Cadangan Migas, Pertamina EP Rampungkan Survei Seismik

Image title
27 Agustus 2020, 19:26
pertamina ep, survei seismik, cadangan migas
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi. Survei seismik 3D X-Ray Marine Nodal dilaksanakan PT Pertamina EP bekerja sama dengan PT Elnusa.

PT Pertamina EP berhasil merampungkan survei seismik 3D X-Ray Marine Nodal dalam rangka menemukan cadangan migas. Survei seismik tersebut dilaksanakan di area operasi offshore Asset 3 Pertamina EP di Kabupaten Indramayu.

VP Exploration Planning & Operation Pertamina EP Novy Hendri menjelaskan, pelaksanaan survei seismik 3D lapangan X-Ray cukup kompleks karena melibatkan banyak instrumen. Beberapa di antaranya, yakni satu kapal source, dua kapal node handling vessel, dua acousting pinging vessel, satu chase boat, satu logistic boat, dan dua sea truck sebagai kapal pendukung.

Menurut dia, tahap persiapan survei tersebut dilakukan selama 3 bulan dengan koordinasi dan komunikasi yang intensif secara daring antara Pertamina EP dan PT Elnusa. “Ini kolaborasi yang luar biasa, dilakukan 100% oleh anak bangsa yang semuanya bekerja selama 24 jam. Saya sangat mengapresiasi komitmen semua fungsi yang terlibat dalam project ini,” ujar Novy berdasarkan keterangan tertulis, Kamis (27/8).

Adapun tim berhasil mengatasi berbagai hambatan dan kesulitan yang ada selama pelaksanaan survei, seperti menjaga keamanan dan keselamatan operasional empat platform utama X Ray, yaitu Xma, Xa-Xd, dan Xb, mooring buoy, gas turbin Xa process. Belum lagi, jaringan pipa bawah permukaan yang berusia lebih dari 40 tahun.

Persiapan yang baik mulai dari tahapan pre-mobilisasi,  menurut dia,  menjadi kunci sukses dalam membuat strategi operasi yang sistematis dan mengedepankan aspek keselamatan. Sehingga hasil survei yang didapat optimal serta diselesaikan tepat waktu.

Kegiatan survei seismik 3D Marine Nodal ini dilaksanakan melalui kerja sama antara perusahaan dengan PT Elnusa dari 1 Juli hingga 11 Agustus 2020. Metode seismik 3D Nodal merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh Pertamina EP. Survei tersebut menggunakan empat komponen utama yaitu hydrophone dan Geopon X,Y,Z sehingga dapat memberikan gambaran bawah permukaan yang terintegrasi.

Dengan survei ini, hasil gambar yang diperlihatkan lebih tajam sehingga memudahkan evaluasi prospek serta pengembangan lapangan ke depan. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan tambahan cadangan migas sebesar 180 MMSTB.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...