Kemensos Salurkan Bansos Beras untuk 10 Juta Keluarga

Rizky Alika
2 September 2020, 14:34
bantuan beras, bansos, perum bulog
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Ilustrasi. Bantuan beras akan mulai disalurkan pada September sebanyak 30 kg.

Kementerian Sosial bekerja sama dengan Perum Bulog untuk menyalurkan bantuan sosial beras kepada 10 juta keluarga penerima manfaat program keluarga harapan. Setiap keluarga akan mendapatkan 45 kilogram beras yang dibagikan secara bertahap selama tiga bulan.

"Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM PKH agar kebutuhan pangan beras bagi warga terkena dampak Covid-19 bisa terpenuhi,” kata Menteri Sosial Juliari Batubara dalam peluncuran program bansos beras di Komplek Pergudangan Bulog, Jakarta, Rabu (2/9). 

Penerima manfaat keluarga harapan adalah keluarga dengan pendapatan 40% terbawah. Penerima bantuan ini juga mencakup keluarga petani yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Bansos beras ini merupakan bantuan untuk periode Agustus – Oktober 2020. Namun, lantaran bansos baru disalurkan pada September, setiap KPM akan menerima beras sebanyak 30 kilogram pada September. Kemudian pada Oktober, setiap KPM akan menerima bansos beras sebanyak 15 kilogram.

 Juliari pun memastikan, tidak akan ada tumpang tindih penerima bansos beras. Penyaluran bansos beras menggunakan data yang sudah sesuai dengan nama dan alamat penerima. "Ini bukan data baru. Jadi peserta yang sudah ikut program PKH selama ini," ujar dia.

Nantinya, pengawasan juga akan dilakukan bersama dengan Bulog dan pendamping PKH. Selain itu,  Bulog berkomitmen untuk menyalurkan beras dengan kualitas baik.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...