Jokowi Perintahkan Kapolri Bongkar Jaringan Pengebom Gereja Katedral

Agustiyanti
28 Maret 2021, 15:43
jokowi, bom gereja, bom bunuh diri
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3). Jokowi meminta Kapolri mengusut tuntas jaringan pelaku.

Presiden Joko Widodo memerintahkan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntas jaringan pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3). Jokowi menegaskan, kepolisian harus membongkar jaringan teroris tersebut hingga keakar-akarnya

"Saya mengutuk keras aksi terorisme ini dan sudah memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan pelaku," ujar Jokowi dalam Konferensi Pers terkait aksi terorisme di Makassar, Minggu (28/3). 

Jokowi mengatakan, terorisme adalah kejahatan kemanusiaan dan tidak berkaitan dengan agama.  Ia menegaskan, semua ajaran agama menolak terorisme apapun alasannya. "Aparat negara juga tidak akan membiarkan terorisme," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta masyarakat tetap tenang dalam menjalankan ibadah. Ia pun menegaskan, negara menjamin keamanan umat beragama dalam beribadah.

"Saya mengajak semua anggota masyarakat untuk bersama memerangi terorisme dan radikalisme yang bertentangan dengan nilai agama dan nilai-nilai luhur kita," katanya.

Jokowi juga memberikan jaminan pengobatan kepada para korban. Seluruh biaya pengobatan akan ditanggung negara. "Kami doakan agar para korban segera diberi kesembuhan," ujarnya. 

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Argo Yuwono mengatakan, terdapat 14 korban terluka akibat ledakan bom di depan gerbang masuk Gereja Katedral, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu pagi. "Ada 14 korban yang masih dalam perawatan dokter dan mudah-mudahan segera bisa kembali pulang, khususnya yang mengalami luka ringan," kata Argo dikutip dari Antara. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...