Harga Minyak Anjlok Tertekan Prospek Permintaan yang Lebih Suram

Agustiyanti
1 April 2021, 08:59
harga minyak dunia, OPEC, harga minyak Brent, harga minyak WTI
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Ilustrasi. Penurunan stok minyak mentah AS mendukung harga, tetapi turunnya perkiraan pertumbuhan permintaan minyak OPEC + untuk tahun ini sebesar 300.000 barel per hari (bph) menahan potensi kenaikan.

Harga minyak dunia anjlok hingga 1,75% pada Rabu (31/3) di tengah kekhawatiran lockdown di Eropa dan prospek OPEC terkait pertumbuhan permintaan yang lebih rendah tahun ini. Di sisi lain, penurunan persediaan minyak mentah AS menahan penurunan harga minyak.

Minyak mentah Brent untuk Mei merosot 41 sen, atau 0,6% menjadi US$ 63,73 per barel. Kontrak Brent yang lebih aktif diperdagangkan untuk Juni turun US$ 1,10 atau 1,75% menjadi $ 63,07 per barel. Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS kehilangan 47 sen atau 0,8% menjadi US$ 60,08 per barel.

Advertisement

Stok minyak mentah AS turun secara tak terduga minggu lalu karena peningkatan proses penyulingan. Stok menyusut 876 ribu barel pada pekan lalu, berbanding terbalik dari ekspektasi analis yang naik 107.000 barel.

Penurunan stok minyak mentah AS mendukung harga, tetapi turunnya perkiraan pertumbuhan permintaan minyak OPEC + untuk tahun ini sebesar 300.000 barel per hari (bph) berdampak sebaliknya.

"Semua mata tertuju pada OPEC, berapa banyak akomodasi yang akan mereka berikan kepada Rusia dan berapa banyak yang akan diberikan oleh Saudi," kata John Kilduff, partner Again Capital di New York, seperti dikutip dari Reuters.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya yang disebut OPEC +, rencananya bertemu pada hari Kamis (1/4) untuk memutuskan kebijakan produksi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement