Singapura Keluar dari Resesi, Ekonomi Kuartal I Tumbuh 0,2%

Agustiyanti
14 April 2021, 14:18
singapura, ekonomi singapura, resesi ekonomi
123RF.com/Phuong Nguyen Duy
Ilustrasi. Bank Sentral Singapura memperkirakan ekonomi negara tersebut tumbuh lebih tinggi dari proyeksi pemerintah 4-6%.

Ekonomi Singapura tumbuh positif untuk pertama kalinya sejak Pandemi Covid-19 merebak. Negeri jiran ini tumbuh 0,2% pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Mengutip Reuters, Analis yang disurvei memperkirakan ekonomi Singapura pada tiga bulan pertama tahun ini negatif 0,2%. Ini merupakan pertama kalinya ekonomi Singapura tumbuh positif secara tahunan sejak kuartal IV 2019, mengeluarkan ekonomi negara ini dari jurang resesi.

Advertisement

Pemerintah Singapura mencatat, ekonomi secara kuartalan tumbuh 2%. Negara ini berhasil mngendalikan penyebaran lokal dan melaksanakan vaksinasi. Kini, ekonomi Singapura berada dalam jalur pemulihan setelah resesit terburuk pada tahun lalu.

Para analis mengatakan permintaan eksternal dan pembukaan kembali perbatasan internasional adalah kunci pertumbuhan. "Pemulihan permintaan domestik menguat jauh lebih kuat dari yang kami perkirakan," kata Lee Ju Ye, ekonom Maybank Kim Eng.

Dia mengatakan ada kemungkinan kecil bank sentral mengetatkan kebijakan berikutnya pada Oktober jika pemulihan mendapatkan momentum dan inflasi meningkat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement