Tiongkok Tak Berminat Geser Dominasi Dolar dengan Yuan Digital

Agustiyanti
19 April 2021, 11:55
mata uang digital, tiongkok, bank sentral tiongkok, criptocurrency
123RF.com/Nuthawut Somsuk
Ilustasi. Tiongkok tengah menguji coba mata yuan digital untuk konsumen dan bisnis di 11 kota di seluruh negeri.

Bank Sentral Tiongkok menyatakan akan memfokuskan mata uang digital-nya untuk penggunaan domestik. Penerbitan yuan digital tak bertujuan untuk menggeser dominasi dolar AS.

"Untuk internasionalisasi renminbi, kami telah berkali-kali mengatakan bahwa ini adalah proses alami dan tujuan kami bukanlah untuk menggantikan dolar AS atau mata uang Internaional lainnya," Kata Deputi Gubernur People Bank of China, Minggu (18/4), seperti dikutip dari Bloomberg.

Li mengatakan, pihaknya bertujuan memungkinkan pasar untuk memilih, memfasilitasi perdagangan dan investasi internasional. Bank Sentral Tiongkok saat ini sedang menguji penggunaan yuan digital dalam berbagai program percontohan di seluruh negeri.

Sebuah laporan awal pekan ini menunjukkan bahwa pemerintahan Biden meningkatkan pengawasannya terhadap kemajuan Tiongkok dalam mengimplementasikan yuan digital. Mata uang digital Tiongkok ini dikhawatiran menggantikan dolar AS dalam jangka panjang.

PBOC telah mengerjakan mata uang digital sejak 2014. Pergerakannya telah meningkatkan minat bank-bank sentral dan pembuat kebijakan lainnya. Adapun penyebaran cryptocurrency menimbulkan kesan bahwa persaingan untuk mendapatkan uang tunai biasa dapat mengubah cara sektor keuangan bertransaksi.

PBOC semakin dekat untuk menjadi bank sentral besar pertama yang meluncurkan mata uang virtual. Tiongkok tengah menguji coba mata yuan digital untuk konsumen dan bisnis di 11 kota di seluruh negeri.

"Motivasi untuk e-yuan, setidaknya untuk saat ini, berfokus terutama pada penggunaan rumah tangga," kata Li.

Li menjelaskan, interoperabilitas internasional merupakan masalah yang sangat kompleks. PBOC, menurut dia, tidak terburu-buru untuk mencapainya, tetapi memungkinkan penggunaan lintas batas yuan digital dalam jangka panjang.

Bank sentral berencana untuk menguji penggunaan yuan digital lintas batas di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. E-yuan nantinya dapat digunakan oleh atlet dan pengunjung dari luar negeri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...