Pfizer Memicu Kasus Radang Jantung, Kemenkes Tunggu Evaluasi dari BPOM

Rizky Alika
27 April 2021, 07:05
pfizer, vaksin virus corona, vaksin covid-19, radang jantung, bpom, kementerian kesehatan, israel
ANTARA FOTO/REUTERS/Matthew Childs/WSJ/cf
Ilustrasi. Pemerintah telah memesan 45 juta dosis vaksin Pfizer. Namun, vaksin asal Amerika Serikat itu belum tiba di Tanah Air.

Kasus radang jantung atau miokarditis ditemukan pada penerima vaksin Covid-19, Pfizer/BioNTech di Israel. Kementerian Kesehatan menyatakan masih menunggu evaluasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait penggunaan vaksin Pfizer di Tanah Air.

"Terkait penggunaan Pfizer, BPOM, Komisi Nasional Obat, Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI), serta Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) akan mengkaji dan mengevaluasi dari sisi keamanannya," kata Juru Bicara Vaksin Covid-19 Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata, Senin (26/4).

Pihaknya masih menunggu izin penggunaan darurat Pfizer dari BPOM. Pemerintah telah memesan 45 juta dosis vaksin Pfizer. Namun, vaksin asal Amerika Serikat itu belum tiba di Tanah Air.

Kementerian Kesehatan Israel tengah memeriksa sejumlah kasus radang jantung pada orang yang telah menerima vaksin Pfizer. Namun hingga saat ini, mereka belum menarik kesimpulan apa pun.

Koordinator pandemi Israel Nachman Ash mengatakan, studi pendahuluan menunjukkan "puluhan insiden" miokarditis terjadi di antara lebih dari 5 juta orang yang divaksinasi, terutama setelah penyuntikan dosis kedua.Sebagian besar kasus dilaporkan terjadi pada orang hingga usia 30 tahun.

“Kementerian Kesehatan saat ini sedang memeriksa apakah ada kelebihan morbiditas (angka penyakit) dan apakah itu bisa dikaitkan dengan vaksin,” kata Ash seperti dilaporkan Reuters.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...