Mudik Dilarang, Kemenparekraf Berharap Masyarakat Pilih Staycation

Agatha Olivia Victoria
27 April 2021, 15:26
mudik, mudik lebaran, pariwisata, staycation
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Ilustrasi. Kinerja sektor pariwisata secara keseluruhan masih lemah pada kuartal I 2021 meski aktivitas wisatawan domestik sudah mulai meningkat.

Pemerintah menerapkan larangan mudik Lebaran yang berlaku sejak 6-15 Mei 2021. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap hal ini dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur di dalam kota atau staycation. 

"Ini sebagai pilihan di tengah larangan mudik yang harus ditaati agar Indonesia bisa keluar dari pandemi," ujar Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Kurleni Ukar dalam CORE Media Discussion: Quarterly Review 2021 "Mendobrak Inersia Pemulihan Ekonomi", Selasa (27/4).

Ia menjelaskan, aktivitas pariwisata domestik mulai membaik. Namun, kinerja sektor pariwisata secara keseluruhan masih lemah pada kuartal I 2021. Hal tersebut dipengaruhi oleh larangan turis asing masuk ke Indonesia, penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, dan masih tingginya kasus Covid-19 di Indonesia. 

Pasien positif corona bertambah 5.944 orang per 26 April 2021. Total Kasus mencapai 1.647.138 dengan 1.501.715 pasien dinyatakan sembuh dan 44.770 orang meninggal dunia. Sementara itu, pemerintah mencatat orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 68.297.

Saat ini, menurut dia, sektor pariwisata hanya dapat mengandalkan wisatawan domestik. Pasalnya, realisasi kunjungan WNA pada kuartal I 2021 justru lebih buruk dari rata-rata 2020. Sementara pada kuartal II, kedatangan internasional kemungkinan masih akan terbatas atau minus 34,9% secara tahunan dan didominasi oleh repatriasi WNI.

Meski demikian, ia masih optimistis sektor pariwisata dapat segera pulih pada tahun ini seiring proses vaksinasi dan pengendalian Covid-19. Dengan demikian, subsektor yang berkaitan dengan industri pariwisata maupun jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif juga dapat kembali meningkat.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...